Pelayanan Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Kembali Beroperasi

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pelayanan Puskesmas Kecamatan Tanah Abang. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Puskesmas Kecamatan Tanah Abang di Jalan Danau Toba, Kelurahan Bendungan Hilir, kembali membuka pelayanan kesehatan pascalibur lebaran. Sudah dari pagi warga mulai antre untuk melakukan pemeriksaan kesehatan maupun aktivitas lainnya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang dr Ovi Norfiana menuturkan, untuk pelayanan sudah dibuka dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB yang sebelumnya saat Ramadan lalu pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

“Kalau untuk pelayanan sendiri, semua poli sudah kembali dibuka, di puskesmas ini tersedia 27 layanan sedangkan kemarin saat cuti bersama libur lebaran yang dibuka hanya layanan 24 jam,” tuturnya.

Ovi menjelaskan, setidaknya sekitar 600 pasien melakukan aktivitas cek kesehatan termasuk di layanan 24 jam. Untuk kunjungan terbanyak itu terdapat di poli lansia, mengingat jumlah lansia khususnya di Kecamatan Tanah Abang ini cukup banyak.

“Untuk Puskesmas Tanah Abang ini ramah akan kelompok rentan, ini yang menjadi pembeda kami, kelompok rentan tersebut ada lansia, disabilitas, anak-anak, ibu hamil serta korban bencana. Kita telah menyediakan saran dan prasaran untuk golongan tersebut, dan alhamdulillah kita juga sudah mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB di 2023 kemarin,” ungkapnya.

Menurutnya dengan jumlah dokter sebanyak 36 dan perawat sebanyak 30, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang optimis akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga Tanah Abang.

“Bagi warga yang tidak ingin antre saat pendaftaran, tersedia pula layanan pendaftaran online di aplikasi JakSehat,” imbuhnya.

Ovi juga berharap derajat kesehatan warga Tanah Abang terus meningkat, sehingga tidak berbondong-bondong mengecek kesehatan di puskesmas namun, bisa melakukan langkah preventif pencegahan dari diri masing-masing sebelum penyakit itu datang.

Sementara itu, Dius Firdiyani (58 tahun) salah seorang warga Bendungan Hilir mengaku sangat terbantu dengan pelayanan yang dilakukan di puskesmas Kecamatan Tanah Abang.

“Saya biasa melakukan pengecekan gula darah, nah tadi saya ambil obat, karena obat yang biasa dikonsumsi sudah habis,” ungkapnya.

“Sejak 2021 saya sudah rutin memeriksakan kesehatan di puskesmas Kecamatan Tanah Abang ini, alhamdulillah pelayanan memuaskan, kalau bisa ruangannya diperluas,” tutupnya.