Pemkot Jakpus Kembali Gelar HBKB Pertama Tahun 2024 di Jalan Suryopranoto

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

HBKB di Jalan Suryopranoto, Kecamatan Gambir. Foto: Angga Rizkyanda

Memasuki awal tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Suryopranoto, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (21/1).

HBKB pertama di tahun 2024 ini diawali dengan senam bersama serta dilanjutkan oleh penampilan seni dari siswa-siswi SMA dan SMK di antaranya, penampilan Tari Saman dari SMKN 14 Jakarta, penampilan akustik, dan musikalisasi puisi dari SMAN 77 Jakarta, serta penampilan seni bela diri pencak silat dari SMAN 27 Jakarta.

Selain penampilan seni, HBKB kali ini juga diisi dengan berbagai stan kuliner, stan pemeriksaan kesehatan, perpustakaan keliling Sudin Pusip, wahana flying fox Sudin Gulkarmat, dan berbagai aktivitas olahraga seperti, sepak bola, bersepeda, dan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, HBKB ini digelar sebagai sarana peningkatan kualitas udara yang ada di Jakarta Pusat sekaligus menjadi sarana yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan silaturahmi yang lebih erat antar warga.

“HBKB pertama di tahun 2024 sungguh meriah dan warga juga menantikan momen ini tidak hanya sebagai sarana peningkatan kualitas udara tetapi juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kebugaran, kesehatan, serta silaturahmi antar warga,” ujarnya. 

Tak hanya itu, menurut Iqbal, HBKB ini juga dapat dijadikan sebagai momen untuk mewadahi dan meningkatkan seluruh potensi yang ada di masyarakat baik dalam segi olahraga, seni budaya, seni musik, hingga promosi hasil usaha yang dimiliki masyarakat. 

“Di sini para siswa-siswi sekolah dan seluruh masyarakat juga dapat menampilkan potensi masing-masing baik dari segi olahraga, seni budaya, seni musik, dan lainnya. Tidak menutup kemungkinan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana ajang promosi hasil usaha dari masyarakat baik yang diinisiasi seluruh UKPD maupun dari PKK melalui UP2K yang dapat menampilkan produk-produk hasil keterampilannya,” ungkapnya.

Iqbal pun berharap, seluruh warga masyarakat di Jakarta Pusat dapat memanfaatkan serta menikmati HBKB dengan baik. 

“Setiap bulannya kita evaluasi pelaksanaan HBKB yang ada ini. Apabila itu sesuai dengan situasi dan kondisi maka akan kita laksanakan kembali HBKB ini sebagai forum warga yang efektif,” tutupnya.