Penataan Kawasan Triwulan Ketiga Kelurahan Pegangsaan Targetkan Selesai Awal September

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan Jalan Matraman Timur, Kelurahan Pegangsaan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Pegangsaan melakukan penataan kawasan triwulan ketiga di RW 04, Jalan Matraman Timur, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, yang ditargetkan selesai awal September.

Sebelumnya, lahan dengan luas 200 meter persegi itu merupakan tempat nongkrong anak muda dan lokasi tawuran. Setelah ditertibkan oleh petugas gabungan, lahan tersebut menjadi lokasi penataan kawasan triwulan ketiga Kelurahan Pegangsaan.

Sekretaris Kelurahan Pegangsaan (Sekkel) Fia Rahma Diani mengatakan, perencaan penataan kawasan berupa taman di Jalan Matraman Timur dimulai koordinasi sejak bulan Juni.

"Pada pendataan kawasan kota berkolaborasi dengan Sudin Pertanaman, Lingkungan Hidup, Bina Marga, SDA, PPSU, warga RW 04 serta PT Jasa Raharja," jelasnya didampingi Kasie Ekabang Kelurahan Pegangsaan Zajuli di lokasi, Senin (26/8).

Saat ini, lanjutnya, pengerjaan tinggal tahap akhir dan ditargetkan awal September rampung dikerjakan. "Pengerjaannya telah masuk tahap akhir, tinggal pengecatan, penambahan tanaman, dan pengisian ikan di kolam," ucapnya.

"Di taman ini juga kita tanami berbagai jenis tanaman hias dan tanaman produktif seperti, melon, terong, cabai untuk ketahan pangan bagi masyarakat Pegangsaan," imbuhnya.

Terkait perawatan, jelas Fia, dilakukan oleh PPSU namun, ke depan setelah penataan selesai pihaknya akan berkerja sama dengan RW 04.

Dia berharap dengan adanya taman ini, selain menjadi ruang terbuka hijau dan interaksi bagi warga di RW 04, juga  mencegah terjadinya tawuran.

"Saya juga mengimbau kepada warga masyarakat untuk dapat merawat dan menjaganya agar tetap asri dan indah dipandang," imbaunya.