Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta, Pj Gubernur Minta Warga Dukung Kegiatan Jakarta Internasional Marathon

Reporter: Vhatra  | Editor: Andreas Pamakayo

Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta di Bundaran HI. Foto: Angga Rizkiandy

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta pada Minggu (19/5) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Acara untuk menyambut HUT Jakarta tersebut bertepatan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) pada sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman sejak pagi telah dipadati oleh warga yang berolahraga, baik berjalan kaki maupun bersepeda.

Aparat kepolisian dan Satpol PP pun terlihat berjaga-jaga untuk mengamankan kegiatan pencanangan HUT DKI itu agar berjalan aman dan lancar. Nantinya juga akan ada berbagai kegiatan atau event dalam menyemarakan HUT DKI Jakarta.

Pada kesempatan ini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang menghadiri kegiatan pencanangan HUT DKI Jakarta.

Heru mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan di sekitar Bundaran HI dan membuang sampah ke tempat yang telah disediakan. "Jagalah kebersihan, buanglah sampah di tempat yang telah disediakan. Sayangi kota Jakarta ini buat kita semuanya," kata Heru.

Dalam rangkaian HUT DKI Jakarta ini, kata Heru, Pemprov DKI menggelar Jakarta Internasional Marathon pada 23 Juni 2024. "Kegiatan Marathon ini akan diikuti oleh atlet nasional dan internasional," kata Heru.

Jakarta Internasional Marathon (Jakim) akan mulai start dari Monas menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

"Kegiatan ini bisa menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya, seperti sepatu, pakaian, dan lainnya. Saya minta partisipasi masyarakat Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan, selain Jakim ada beragam kegiatan lain dalam memeriahkan HUT DKI Jakarta.

"Ada kegiatan rutin lainnya yang diselenggarakan salah satunya yaitu, Jakarta Fair dan akan ada berbagai acara dalam menyemarakan HUT DKI Jakarta," imbuhnya.

"Bagi warga khususnya Jakarta Pusat, yuk sama-sama kita dukung dan kita jadikan moment ini sebagai moment kebangkitan untuk Jakarta yang lebih baik lagi, dan ikut dalam menata kota Jakarta secara optimal," ajaknya.