Penutupan TNI Manunggal KB Kesehatan Gelar Edukasi Kontrasepsi dan Cegah Stunting

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

TNI Manunggal Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Foto: Zaki Ahmad Thohir

TNI Manunggal Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Tingkat Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar rangkaian penutupan dengan pemberian edukasi terkait penggunaan kontrasepsi dan pencegahan stunting atau tengkes, di Taman Pirus, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Kamis (19/9).

Pasipres Kodim 0501/JP Mayor Inf Endra Krismanto mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai sarana koordinasi dalam menyampaikan informasi tentang pelaksanaan Program KB Kesehatan serta program percepatan penurunan stunting. Serta dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia.

"Adannya kegiatan ini juga sebagai edukasi dan informasi bagi masyarakat tentang penanganan kependudukan melalui pengendalian laju pertumbuhan yang bebas stunting guna meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Camat Kemayoran Asep Mulyaman mengapresiasi kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan (TMKK) karena dapat memberikan pengetahuan untuk memiliki keluarga yang berkualitas tentunya semuanya harus direncanakan melalui program BKKBN ataupun Dinas PPAPP.

Untuk itu, dia juga mengajak ibu-ibu warga Sumur Batu mengikuti program KB. "Di wilayah Kecamatan Kemayoran juga sedang menjalankan pemberian tablet penambah darah bagi remaja putri yang terindikasi anemia. Dengan pemberian obat secara berkala maka keluarga berkualitas dan pencegahan stunting dapat teratasi," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Wahyu Rianthi menambahkan, kegiatan ini diikuti pasangan usia subur, calon pengantin, kader, dan calon akseptor yang akan dilayani di sini.

"Lalu ada juga sosialisasi PSV (Perempuan Sadar Vagina) dari Lembaga Kanker Indonesia untuk memberitahukan warga agar dapat mendapatkan informasi yang akurat," ujarnya.

Dwi juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka ikut melakukan KB supaya apa yang ditargetkan pemerintah dapat tercapai.

Mewakili Direktur Pelayanan KB wilayah Khusus BKKBN dr Sheilla Virarisca dengan adanya kegiatan ini juga dapat meningkatkan usia subur untuk menggunakan alat kontrasepsi.

"Nantinya penggunaan alat kontrasepsi ini tidak hanya mencegah kelahiran saja tetapi lebih jauh lagi dampaknya untuk pencegahan stunting," pungkasnya.