Peringatan Hari Anak Membaca, Sudin Pusip Ajak 275 Siswa Ikut Berbagai Lomba

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan Hari Anak Membaca (Hanjaba). Foto: Andre

Dalam rangka Hari Anak Membaca (Hanjaba) Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar berbagai lomba berjenjang yang diikuti 275 siswa dan siswi mulai dari tingkat SD hingga SMP.

Kegiatan yang bertema “Dari Baca Jadi Karya untuk Jakarta” dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Firmansyah, didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat Reza Pahlevi, dan Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi.

Firmansyah mengatakan, ini merupakan salah satu peran serta Pusip sebagai bagian dari intensitas bagaimana membangun kegiatan yang sifatnya inovasi dan kreatif bagi para siswa.

"Adanya berbagai lomba untuk menstimulasi anak-anak menjadikan generasi penerus yang memiliki banyak ide, inovasi, kreasi, dan mengasah kreativitas," katanya, usai membuka Hanjaba di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (13/8).

Menurut Firmansyah, pelaksanan kegiatan seperti ini akan terus digelar dan mengundang sebanyak-banyaknya partisipasi sekolah agar dapat saling bersilaturahmi.

"Kita di Pusip hanya mewadahi bagi anak-anak untuk saling bersilaturahmi. Saya juga berharap ke depan lombanya akan terus berkembang serta partisipasi masyarakat untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mengembangkan pelaksanaan Hanjaba ini menjadi lebih besar lagi," ujarnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat Reza Pahlevi mengatakan, ini merupakan momen yang istimewa dirancang untuk memberikan wadah bagi siswa-siswi di wilayah Jakarta Pusat dalam mengeksplorasi bakat serta keterampilan.

"Setiap lomba telah dipilih dengan cermat untuk mendukung perkembangan dan keterampilan siswa-siswi," tuturnya.

"Saya berharap anak-anak dapat mengeksplorasikan kreativitas diri dalam suasana yang menyenangkan. Kami percaya bahwa memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba membuatnya termotivasi dan terus belajar," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi menambahkan, kegiatan akan berlangsung dari tanggal 13 sampai 15 Agustus 2024.

Selain memperingati Hanjaba yang telah ditetapkan setiap tanggal 24 Agustus, lanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi anak, menumbuhkan minat dan kegemaran membaca melalui kegiatan membaca, menulis dan bercerita.

"Kegiatan ini diikuti 275 peserta dengan rincian yaitu, untuk lomba tingkat SD meliputi Lomba Menggambar dan Mewarnai (100 peserta), Lomba Bertutur (25 peserta), Lomba Puisi (25 peserta). Sementara untuk lomba tingkat SMP meliputi Lomba Pidato (25 Peserta), Lomba Komik Strip (100 Peserta)," jelasnya.

Irwan juga menerangkan, pelaksanaan kegiatan Hanjaba di hari kedua dan ketiga dilakukan di Kantor Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat diselenggarakan secara bertahap.

"Dari berbagai lomba yang ada, nanti akan disaring 25 siswa sebagai Juara I sampai Harapan II Tingkat Kota. Kemudian, juara I dan III nanti akan diikutkan kembali di Tingkat Provinsi," tandasnya.