Peringatan Hari Gizi Nasional, Puskesmas Sawah Besar Gelar Lomba MPASI

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Lomba MPASI dalam memperingati Hari Gizi Nasional. Foto: Malik Maulana

Puskesmas Kecamatan Sawah Besar menggelar acara peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024, di GOR Mangga Dua Selatan (Madusela), Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (22/2).

“Ini merupakan rangkaian peringatan hari gizi ke-64 se-Kecamatan Sawah Besar yang diisi beberapa kegiatan seperti, lomba pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) sesuai kategori dari 6 sampai 8 bulan, kategori 9-11 bulan, 12-23 bulan, serta ada lomba cerdas cermat," kata Kasatpel UKM/Kesmas Sawah Besar dr. Putri Desi Rahmawati.

Selain lomba, lanjut Putri, ada juga seminar untuk peningkatan pengetahuan kepada kader posyandu, PKK, dan dasawisma, agar lebih mengetahui pemberian MPASI khususnya dengan protein hewani dalam pencegahan tengkes atau stunting.

“Saya berharap angka stunting di wilayah Kecamatan Sawah Besar dapat menurun, dan ada kerja sama dari CSR terkait dari intervensinya, karena bukan hanya intervensi gizi saja tetapi kita memerlukan kerja sama untuk mengentaskan intervensi sensitif seperti, kondisi lingkungannya, dan PHBS-nya," jelas Putri.

Senada dengan dr Putri, Ketua TP PKK Sawah Besar Ava Dhina Widiyawati juga berharap dengan kegiatan ini seluruh kader dapat menambah wawasan dan pemahaman mengenai MPASI agar di wilayah Kecamatan Sawah Besar tidak ada lagi stunting dan anak-anaknya sehat semua.

Sementara itu, TP PKK Kelurahan Mangga Dua Selatan Tamia Eka Pradieta mengaku senang mengikuti lomba memasak MPASI dalam memeriahkan peringatan Hari Gizi Nasional yang digagas Puskesmas Sawah Besar.

“Kalau saya mengikuti lomba memasak MPASI, tadi kita masak nasi hainam yang membutuhkan protein hewani untuk mencegah stunting, dan ada sayur tumis brokolinya. Sehingga makanan yang disajikan untuk anak-anak sehat," tandasnya.