Pj Gubernur DKI Jakarta Lepas 14.000 Peserta Funwalk Bergerak Bersama Kader PKK dan Posyandu

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Funwalk Bergerak Bersama Kader PKK dan Posyandu di Ancol. Foto: Malik Maulana

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian didampingi Pj. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Mirdiyanti dan Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian melepas sekitar 14.000 peserta "Funwalk Bergerak Bersama Kader PKK dan Posyandu" di Pantai Festival Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (12/10). 

Melalui acara ini, Heru mengharapkan seluruh kader PKK dan posyandu dapat terus bergerak bersama dan menjalin sinergitas dalam melayani masyarakat Jakarta, terutama dalam enam bidang standar pelayanan minimal (SPM) yakni pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, serta sosial.

"Hari ini kita hadir dalam acara "Bergerak Bersama Kader PKK dan Posyandu" dari Jakarta dan Bogor. Saya berharap, melalui acara ini, seluruh kader PKK dan Posyandu benar-benar dapat bergerak bersama dalam melayani masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Khususnya, bersinergi menjalankan enam bidang SPM ini," katanya.

Menurut Heru, peningkatan fungsi dan kinerja posyandu tidak terlepas dari intervensi yang dilakukan oleh PKK. Fungsi dasar posyandu memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada ibu, bayi, dan balita, maka TP PKK memiliki peran penting dalam menyelenggarakan kegiatan posyandu di tiap desa/kelurahan. Karena itu, kader PKK dan posyandu harus dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien. 

"Kader PKK dan posyandu sangat penting dalam membantu program pemerintah agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena itu, saya mengucapkan terima kasih atas kinerja para kader yang tetap semangat dan tanpa pamrih dalam menjalankan tugasnya membantu Pemprov DKI dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Dalam acara yang sama, Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian memberikan apresiasi atas semangat para kader PKK dan posyandu yang hadir dalam acara hari ini. Ia juga merasa bangga melihat seluruh kader memiliki semangat tinggi dalam menjalankan tugas sebagai kader PKK dan posyandu untuk kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

"Mudah-mudahan kerja sama ini akan terus berlangsung, tidak hanya dalam kegiatan seperti ini, tapi juga kegiatan-kegiatan yang lebih luas untuk masyarakat dan menyukseskan program-program pemerintah," kata Tri.

Meski tugas kepengurusan PKK periode 2019-2024 akan berakhir pada 20 Oktober mendatang, Tri berharap, seluruh program kegiatan PKK dan posyandu dapat terus dilanjutkan untuk mencapai hasil lebih baik lagi. Sebab, dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, hasil program PKK dan posyandu sangat memuaskan. Masyarakat mendapatkan banyak manfaat dari para kader PKK dan posyandu yang terjun langsung menyelesaikan masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Kader posyandu dan PKK adalah mitra dari pemerintah dalam menjalankan semua tugas, termasuk sepuluh program pokok PKK dan posyandu dengan konsep yang baru, yaitu tidak hanya melayani satu bidang kesehatan, melainkan enam bidang SPM," tegasnya.