PJLP dan Petugas PPSU Kelurahan Galur Ikuti Pelatihan Pemadaman Awal Kebakaran

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan pemadaman awal kebakaran di Kelurahan Galur. Foto: Malik Maulana

Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru menggelar pelatihan pemadaman awal kebakaran kepada 45 orang PJLP dan petugas PPSU di halaman Kantor Lurah Galur, Jalan Galur Selatan No.36 1, Jakarta Pusat.

Pelatihan itu bekerja sama dengan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Sektor Johar Baru. Rabu (24/7).

Lurah Galur Suci Asliyati mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar kepada para peserta pelatihan terkait langkah awal penanganan kebakaran.

"Supaya rekan-rekan PJLP dan PPSU mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat mengetahui adanya kebakaran di wilayah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Galur Andrew Yustian Kartiko menambahkan, apabila terjadi kebakaran PPSU merupakan garda terdepan untuk memberikan informasi kepada petugas Gulkarmat.

"Jika terjadi kebakaran besar yang memerlukan bantuan Gulkarmat, petugas PPSU harus melakukan sterilisasi jalan agar petugas Gulkarmat bisa masuk dan memadamkan api," imbuhnya.

Dia menjelaskan, pada pelatihan itu para peserta diajarkan cara pemadaman api yang aman dan tepat dengan menggunakan karung basah dan alat pemadam api ringan (APAR) melalui simulasi kebakaran gas atau kompor.

Di tempat yang sama, Petugas PPSU Kelurahan Galur Shelma Zsahersa berharap ilmu yang diterima dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu terjadi peristiwa kebakaran.

"Sangat bermanfaat, tapi harapannya lingkungan kita aman jadi ilmunya tidak sampai digunakan," ungkapnya.