Posko Relawan Pemadam Kebakaran Kelurahan Kebon Kosong Resmi Dioperasionalkan

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Posko Redkar Kelurahan Kebon Kosong. Foto: Malik Maulana

Posko Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) perdana di Kelurahan Kebon Kosong, Jalan Kemayoran Gempol, RT 13, RW 04 Kelurahan Kebon Kosong, resmi dioperasionalkan di wilayah Kecamatan Kemayoran.

Camat Kemayoran Asep Mulyaman mengatakan, peresmian Posko langsung dihadiri oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti.

"Sebuah kehormatan posko pertama di Jakarta Pusat yang diresmikan dan peresmiannya dihadiri langsung oleh Pak Wali Kota," katanya, Jumat (11/7).

Dilanjutkan Asep, selain tempat relawan bersiaga, posko dengan luasan sekitar 16 meter persegi itu diharapkan menjadi pusat edukasi warga siaga bahaya kebakaran. Letaknya yang ada di tengah permukiman padat pun menjadi keuntungan mendekatkan diri dengan masyarakat.

Menurut Asep, selama ini Gulkarmat telah berperan aktif menangani dan melayani berbagai persoalan kebencanaan serta kebutuhan penyelamatan di masyarakat. Tidak hanya yang sifatnya kegawatdaruratan, masyarakat yang membutuhkan pertolongan kerap menghubungi petugas Gulkarmat.

"Seperti terjepit cincin atau evakuasi hewan peliharaan mereka hubungi Gulkarmat. Kami berharap dengan adanya posko ini semakin meningkatkan respon time layanan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sektor Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kecamatan Kemayoran Aminudin menambahkan, pengoptimalan Posko Redkar Kelurahan Kebon Kosong itu menindaklanjuti Instruksi Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan dan Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal. Sehari-hari di Posko itu terdapat sebanyak 30 orang relawan yang bersiaga.

"Jadi mereka nanti akan diatur piketnya secara bergantian. Kami tidak berharap ada kejadian bencana, tapi kalau sampai terjadi relawan ini akan menjadi garda terdepan," tandasnya.