Raih Piala Adipura 2023 Kota dan Kabupaten, Pj Gubernur: Salah Satu Prestasi yang Harus Dijaga

Reporter: Andre | Editor: Andreas Pamakayo

Pj Gubernur DKI Jakarta mengangkat Piala Adipura bersama Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat. Foto: ist

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menorehkan sejarah dalam perolehan Penghargaan Piala Adipura 2023 untuk seluruh kota dan kabupaten administrasi di DKI Jakarta.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan, torehan prestasi tersebut agar menjadi parameter untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga lingkungan.

”Adipura ini menjadi salah satu prestasi yang harus dijaga melalui Kadis Lingkungan Hidup, para wali kota, dan bupati agar bisa menjaga apa yang telah diraih pada siang hari ini,” ungkap Heru didampingi Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, di Balairung, Balai Kota DKI Jakarta, pada Jumat (8/3).

Heru juga mengapresiasi upaya segenap pihak yang telah bekerja keras sehingga menorehkan peningkatan prestasi.

"Sekali lagi seluruh wali kota, bupati, dan seluruh masyarakat se-DKI saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasinya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, penilaian Adipura dilakukan bukan hanya dengan melihat secara fisik, namun juga melalui data dan informasi. Termasuk data dan operasional fasilitas pengelolaan sampah di daerah yang dipantau.

Selain itu, lanjutnya, pemantauan Adipura saat ini juga dilakukan melalui penggunaan citra satelit dan aerial survey seperti penggunaan drone.

"Prestasi ini didapat melalui peran serta dan kerja sama berbagai pihak, seperti unsur masyarakat, perangkat daerah, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi DKI Jakarta, serta instansi terkait," ungkap Asep.

Penilaian Adipura secara fisik dilakukan di 20 lokasi dengan 124 komponen dan 268 sub-komponen penilaian. Lima kota administrasi di DKI Jakarta meraih penghargaan Anugerah Adipura kategori Kota Metropolitan, yaitu Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Timur, serta Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu meraih penghargaan Anugerah Adipura kategori Kota Kecil.