RW 08 Kelurahan Tanah Tinggi Wakili Jakpus Menuju Proklim Tingkat Provinsi

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang memberikan pendampingan terkait Proklim di RW 08 Kelurahan Tanah Tinggi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting bersama dengan tim melakukan pengecekan kesiapan program kampung iklim (Proklim) di Gedung Interaksi Masyarakat, RW 08, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Rabu (24/7).

Pengecekan kesiapan dilakukan dengan meninjau lokasi Proklim di wilayah RW 08 seperti, melihat kolam ikan, dan kebun hidroponik. 

Asekbang mengapresiasi atas segala usaha dalam mengajak warganya untuk bersama menciptakan lingkungan yang tangguh terhadap perubahan iklim. 

Menurutnya, RW 08 merupakan salah satu RW yang terpilih mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat untuk lomba Proklim Madya Tingkat Provinsi DKI Jakarta. 

"Pada tahun ini ada lima RW yang akan dinilai dan salah satunya RW 08 Kelurahan Tanah Tinggi yang masuk mewakili Jakarta Pusat dalam lomba Proklim Madya Tingkat Provinsi," katanya didampingi Kepala Bagian Pembangunan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Setko Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus, Camat Johar Baru, dan Lurah Tanah Tinggi. 

Untuk itu, lanjut Bakwan Ferizan Ginting, diharapkan semua warga ikut berpartisipasi dalam mengembangkan lingkungan agar tangguh terhadap iklim. 

"Memang persoalannya di wilayah Tanah Tinggi lahan kosong yang sudah tidak ada. Tapi, warga bisa memanfaatkan lahan yang terbatas untuk ditanami tanaman, contohnya dengan pemanfaatan pot gantung," ucapnya. 

"Teruslah meningkatkan Proklim di lingkungan RW 08 karena manfaatnya juga buat warga juga, kita hanya mendukung dan memfasilitasi saja,' imbuh Asekbang. 

Dia berharap, lingkungan RW 08 benar-benar terbentuk sebagaimana kriteria yang sudah ditentukan dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk masuk dalam kategori Proklim Tingkat Madya. 

Sementara itu, Ketua RT 15 Lebi mengaku sangat dengan adanya Proklim dapat merubah lingkungannya untuk menjadi lebih baik lagi. 

"Dengan adanya program ini sangat membantu bagi wilayah kami karena peran serta warga dan dukungan dari pemerintah seimbang dalam mendukung lingkungan yang tahan terhadap iklim," tandasnya.