Sambut Hari Kesatuan Gerak, 93 Kader PKK Ikuti Kegiatan Donor Darah

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat ikut melakukan donor darah. Foto: Malik Maulana

Dalam menyambut Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tahun 2024 mengadakan kegiatan donor darah. 

Kegiatan donor darah diikuti 93 kader PKK yang berlangsung di Ruang PKK, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (25/7). 

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, kegiatan donor darah dalam rangka menyambut HKG yang merupakan kali perdana dilaksanakan jajarannya. Kegiatan ini sebagai wujud semangat berbagi dengan sesama.

"Berbagai tidak hanya harta dan senyum, kami coba berbagi dengan apa yang kita punya, darah bagi orang yang memerlukan," katanya.

Ucu menambahkan, pihaknya melibatkan peserta dari unsur TP PKK Tingkat Kota, kecamatan, kelurahan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Dekranasda Kota Jakarta Pusat. Kegiatan menargetkan sebanyak 90 orang peserta.

Diharapkan Ucu, apa yang dilakukan jajarannya bisa bermanfaat bagi masyarakat. Ke depan, Ucu mengaku akan menjadikannya kegiatan rutin.

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang baik, kita akan coba agendakan lagi jadi kegiatan rutin," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengambilan Daerah Unit Pengumpulan Darah (UPD) PMI DKI Jakarta Bono Suwignyo mengatakan, pihaknya membuka enam bed dan mengerahkan sebanyak sembilan petugas untuk melayani pendonor mulai pagi hingga siang ini. Dari total sebanyak 93 peserta, sebanyak 23 di antaranya ditolak lantaran tidak memenuhi syarat.

"Ada yang kedapatan HB-nya rendah dan tinggi. Bagi masyarakat yang ingin mendonor dan belum bisa terlayani, silakan mengakses layanan donor darah kami di tingkat kota dan provinsi," tandasnya.