Sekko Jakpus Pimpin Evaluasi ZIS Tahun 2023

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko (tengah) pimpin evaluasi ZIS Tahun 2023. Foto: Maulana

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin memimpin evaluasi pengumpulan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) Tahun 2023 terkait pencapaian di tingkat kelurahan dan kecamatan serta hal-hal yang memerlukan pengkajian lebih lanjut terkait upaya pencapaian target.

"Alhamdulillah pengumpulan dana ZIS Tahun 2023 mencapai target yang telah ditetapkan. Namun, ada yang perlu pengkajian lebih lanjut seperti, karakteristik wilayah, jumlah sarana dan prasarana pendukung termasuk sekolah dan lain-lain dalam rangka pemenuhan target ZIS ke depannya," kata Iqbal.

Iqbal menuturkan dalam evaluasi kali ini juga terdapat usulan untuk pemberian apresiasi terhadap pengumpulan ZIS yang telah dilakukan. "Untuk usulan apresiasi nantinya kita serahkan kepada Baznas Bazis untuk dilakukan pengkajian," tuturnya.

Menyoal target ZIS di tahun 2024, lanjut Iqbal, akan disesuaikan kembali berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada hari ini.

"Tadi ada beberapa masukan dari kepala seksi kesejahteraan masyarakat baik kelurahan maupun kecamatan serta Kasatlak Pendidikan terutama ada wilayah-wilayah yang terkena penghapusan RT-RW, tentu akan berpengaruh pada sasaran atau capaian yang kita raih," ucapnya.

Iqbal berharap, di tahun 2024 ini pengumpulan ZIS lebih mendekatkan diri agar memudahkan masyarakat untuk melakukan amal ibadah melalui ZiS.

"Pada momen ini para kepala seksi kesejahteraan rakyat dan Kasatlak Pendidikan di kelurahan dan kecamatan serta Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berterima kasih kepada warga masyarakat yang telah menyalurkan ZIS-nya kepada Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat semoga dana yang terkumpul ini bisa dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat," tandasnya.