Tingkatkan Minat Baca Anak, Sudin Pusip Jakpus Gelar Roadshow Literasi

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin Pusip roadshow workshop membaca literasi. Foto: Maulana

Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar roadshow workshop membaca literasi dan perpustakaan, di SDN Gunung Sahari Utara 01, Jalan Rajawali Selatan V, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Rabu (31/1).

Kepala Seksi (Kasie) Perpustakaan Noor Muchyadi menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan minat membaca anak.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong terciptanya lingkungan kondusif yang tumbuh dan berkembang untuk minat membaca di kalangan anak-anak peserta didik," jelasnya.

Menurutnya, roadshow workshop membaca literasi dan perpustakaan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya.

"Kita akan melakukan kolaborasi dengan para Kepala Sekolah SD Negeri yang berada di wilayah Jakarta Pusat, dan kita akan sambangi ke tiap-tiap sekolah untuk melakukan roadshow literasi ini setiap bulannya," terang Noor.

Noor berharap semoga dengan adanya kegiatan roadshow ini dapat membuat anak didik menjadi gemar membaca.

"Semoga anak didik kita selalu gemar membaca dan tidak melupakan buku karena buku adalah kunci keberhasilan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Gunung Sahari Utara 01 Wiwin Widaningsih sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan roadshow ini.

"Alhamdulillah hirabbil 'alamin kami sangat bersyukur, sangat berterima kasih kepada bapak Kasudin Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat yang sudah melibatkan kami dalam acara roadshow workshop membaca literasi dan perpustakaan," ucapnya.

Wiwin mengaku acaranya ini sangat luar biasa, karena diisi dengan dongeng dan sulap sehingga anak-anak merasa senang.

"Jarang ada acara seperti ini di sekolah. Sebanyak 110 siswa dari kelas 1, 2, dan 3 sangat antusias, semoga dengan acara ini anak-anak di sekolah kami minat membacanya semakin tinggi, menjadi gemar membaca, dan membaca menjadi budaya. Saya juga berharap kegiatan roadshow seperti ini bisa terus berlanjut," imbuhnya.