TP PKK Kelurahan Kebon Sirih Gelar Posyandu Balita dan Lansia

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan kesehatan lansia di Kelurahan Kebon Sirih. Foto: Maulana

Guna memastikan warga tetap sehat, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Kebon Sirih menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk balita dan lansia di lapangan RW 05, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/5).

Ketua TP PKK Kelurahan Kebon Sirih Nova Andrini menjelaskan, selain memastikan kesehatan warga posyandu yang digelar setiap satu bulan ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kasus stunting atau tengkes pada anak.

"Dengan adanya posyandu ini, kami bisa memantau perkembangan anak. Apakah anak tersebut terindikasi stunting atau tidak, dengan cara melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan," jelasnya.

Sementara, lanjut Nova, pemeriksaan yang dilakukan untuk orang lanjut usia (lansia) di antaranya, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, tensi, cek darah, serta pemberian makanan tambahan (PMT).

Menurutnya, di wilayah RW 05 Kelurahan Kebon Sirih ini terdapat 27 warga lansia dan 25 balita.

Nova juga berharap semoga posyandu ini bisa terus dilaksanakan agar kesehatan para lansia dan balita bisa selalu terpantau.

Sementara itu, salah satu warga RW 05 Istiqomah (55) mengaku senang dengan adanya posyandu ini karena dapat membantu warga mengecek kesehatannya secara gratis.

"Saya senang dengan adanya posyandu ini, pelayanannya bagus, cepat, dan juga gratis. Tadi saya memeriksa asam urat, gula darah, tinggi badan, dan berat badan," ucapnya.