Wali Kota Hadiri Upacara Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Monas

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota menghadiri HUT Satpol PP dan Satlinmas. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri upacara peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-62, di Lapangan Silang Monas, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (17/5).

Upacara tersebut dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan dimeriahkan oleh penampilan tari kolosal yang dilakukan oleh personel Satpol PP dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Betawi, Bali hingga Papua. 

Dalam sambutannya, Heru mengapresiasi kinerja Satpol PP dan Satlinmas yang telah menjalankan tugas dalam menjaga ketentraman, ketertiban, dan perlindungan warga Jakarta serta telah berhasil menjaga proses pemilu kemarin berjalan aman dan tertib.

Heru pun meminta Satpol PP untuk terus menjaga kinerja tersebut sampai pilkada mendatang. "Keberhasilan seluruh tahapan pemilihan presiden, wakil presiden serta pemilihan legislatif yang telah berlangsung dengan aman, tertib, dan damai adalah wujud kerja keras Satpol PP bersama dengan seluruh penyelenggara pemilu. Sinergi ini harus terus dipertahankan, terutama menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada bulan November 2024 mendatang," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, Satpol PP dan Satlinmas dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam program-program yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Saya meminta Satpol PP dan Satlinmas untuk terus meningkatkan keterlibatan masyarakat melalui berbagai program," ujarnya.

Terakhir, Heru mengucapkan selamat ulang tahun kepada Satpol PP dan Satlinmas agar terus melayani masyarakat dengan humanis dan tegas.

"Sekali lagi, selamat ulang tahun Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62. Teruslah melayani dan melindungi masyarakat, serta menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah dengan humanis namun tegas," kata Heru.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, yang mendoakan semoga Satpol PP dan Satlinmas tetap jaya dan terus mampu menegakkan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub).

"Esensi kota global adalah bagaimana menciptakan sebuah keteraturan yang diwujudkan dengan penegakkan Perda dan Pergub. Selamat ulang tahun untuk Satpol PP dan Satlinmas," ucapnya saat ditemui usai acara.

Dhany menilai bahwa kinerja Satpol PP dan Satlinmas selama ini sudah cukup baik dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum.

"Selama ini sudah cukup baik dan harus terus ditingkatkan karena lengah sedikit saja keteraturan itu akan mengalami gangguan, jadi terus semangat dan sukses terus untuk Satpol PP dan Satlinmas DKI Jakarta," tandasnya.