Wali Kota Serahkan 7.200 Tanaman Produktif Kepada Perwakilan Camat, Lurah, dan PKK

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan tanaman produktif kepada Lurah Gelora. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Adminstrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyerahkan tanaman produktif kepada perwakilan camat, lurah serta kader PKK, di halaman Apartemen Sudirman Park, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (16/1). 

"Pemberian 6.000 bibit cabai dan 1.200 tanaman produktif yang nantinya untuk penanaman serentak di seluruh DKI Jakarta pada tanggal 19 Januari 2024 mendatang.," kata Dhany, didampingi Ketua TP PKK Ucu Jamilah. 

Dhany juga meminta pihaknya dapat memanfaatkan lahan yang terbatas untuk lebih produktif dengan ditanami sayuran atau buah-buahan, terutama lahan aset milik Pemerintah Daerah (Pemda) yang tidak termanfaatkan dengan baik.

“Selain pemanfaatan lahan milik Pemda, kita juga bekerja sama dengan sektor privat yang memiliki lahan tidak terpakai untuk dimanfaatkan lahannya dengan menanam pohon produktif seperti yang ada di Cikini. Kita ber-MoU dengan pihak pemilik untuk lahan tersebut dimanfaatkan sebagai kebun cabai, melon, buah naga, hidroponik serta kolam gizi,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Kasudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti  menambahkan, kegiatan ini ke depannya untuk menyambut penanaman bersama dengan PKK, bukan hanya di Taman Hatinya PKK, bisa juga di RPTRA atau lahan pekarangan perkantoran maupun aset milik pemerintah.

“Jadi rencananya nanti tanggal 19 Januari mendatang kita akan laksanakan penanaman secara serentak di 46 titik di Jakarta Pusat. Dengan target panen nanti di April mendatang, saya berharap dapat membantu ketahanan pangan dan juga menjaga inflasi,” imbuhnya.

Menurutnya, lahan aset milik pemerintah yang di Sudirman Park ini, nantinya akan dibuat untuk edukasi, agro eduwisata untuk desain tamannya dari Sudin Tamhut Jakpus. "Nantinya di lahan ini akan ditanam cabai, pisang, melon, bawang merah serta pakcoy,” tutupnya.