Warga Kelurahan Cempaka Putih Barat Mengikuti Pelatihan Las

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan mengelas di halaman kantor Kelurahan Cempaka Putih Barat. Foto: Malik Maulana

Kelurahan Cempaka Putih Barat berkolaborasi dengan Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan pelatihan las yang diikuti 10 peserta dari warga sekitar dan karang taruna, di halaman Kantor kelurahan setempat, Kecamatan Cempaka Putih. 

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Cempaka Putih Barat Heriyanto mengatakan, pelatihan ini sangat penting sekali karena dapat memberikan keterampilan atau keahlian khusus terkait dengan pengelasan bagi para peserta. 

"Pelatihan direncanakan akan berlangsung selama 30 hari kerja. Dari tanggal 23 September hingga 1 November 2024 yang diikuti 10 peserta dari warga dan karang taruna kelurahan yang didik menjadi tenaga ahli," katanya. 

Heriyanto berharap dengan adanya pelatihan las bisa membawa dampak yang bermanfaat bagi warga masyarakat dan keahlian ini dapat sebagai bekal mencari pekerjaan. 

Sementara itu, Instruktur Pusat Pelatihan Kerja Khusus Pengembangan Las Sudin Nakertransgi Yunus menambahkan, pihaknya melatih peserta dari mulai las dasar sampai dengan las kontruksi. 

Setelah mengikuti pelatihan, lanjutnya, para peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan dan bisa diuji kompetensi supaya mendapat sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi. (BNSP). 

"Jika mereka sudah mendapat sertifikat maka nantinya bisa ikut bersaing di dunia industri pengelasan. Selain itu, mereka bisa bekerja ketika nanti perusahan butuh rekruitmen akan menginformasikan kepada kami dan kami akan informasikan ke bawah. Di luar sana masih banyak yang membutuhkan ahli tukang las terutama di kapal," ujarnya. 

"Setelah mengikuti pelatihan las para peserta juga mendapatkan safety helm, sarung tangan, long sleeve, apron semua milik peserta. Saat pelatihan mereka juga mendapatkan ketring makan siang dan snack," pungkasnya.