Plt Aspem memimpin pelayanan publik di Kelurahan Bugur. Foto: R Maulana Yusuf
Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan publik di Kantor Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Selasa (8/7).
Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, sebagaimana arahan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat monev pelayanan publik ini dimaksudkan untuk memastikan norma-norma pelayanan di Kelurahan Bungur ini sesuai dengan norma dasar pelayanan publik.
"Pelayanan publik sudah ada ketentuannya dan tadi sudah kita bikin ceklis nya dari teman-teman bagian KKPP untuk memastikan norma-norma itu sudah sesuai atau belum. Ada beberapa indikator utama seperti, kecepatan pelayanan, kecepatan respon laporan masyarakat, dan lainnya," katanya, didampingi didampingi Kepala Bagian Kepegawaian, Ketatalaksanaan, dan Pelayanan Publik (Kabag KKPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Munjir Munaji.
Plt Aspem menuturkan, kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan DKI Jakarta dan Jakarta Pusat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
"Kita pastikan bahwa semua urusan pelayanan di kelurahan -kelurahan dapat diberikan secara maksimal, kita terus lakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan serta berinovasi sesuai dengan norma-norma sebagaimana ditentukan dalam ketentuan," tuturnya.
Menurutnya, hasil monev pelayanan publik di Kelurahan Bungur sudah cukup baik terlihat dari ketaatan para pegawai pada kehadiran dan jam kerja serta cepat merespon pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
"Kita ketahui bahwa di kelurahan itu kadang-kadang jam kerjanya memang lebih, bahkan bisa sampai malam juga. Kami menyampaikan apresiasi kepada teman-teman di kelurahan untuk terus dipertahankan serta ditingkatkan koordinasinya, pupuk terus kekompakan terus supaya team work kuat di dalam memberikan layanan layanan dasar atau layanan umum di tingkat kelurahan sebagaimana kapasitas kewenangan yang diberikan kepada mereka," ucapnya.
Sementara itu, Lurah Bungur Arif Lingga Pratama mengaku senang dan berterima kasih kepada tim Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat yang dipimpin Plt Asisten Pemerintahan. Menurutnya, monev pelayanan publik ini dalam rangka pengecekan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kelurahan Bungur.
"Saya mengucapkan terima kasih buat jajaran tingkat kota yang sudah hadir di Kelurahan Bungur ini dalam rangka monev layanan maupun sarana prasarana dan kepegawaian. Jadi kita diingatkan kembali oleh tim untuk meningkatkan pelayanan publik dan mendapatkan masukan apa-apa yang harus kita perbaiki untuk memberikan suatu bentuk pelayanan yang jauh lebih baik," ucapnya.
Lingga memaparkan, Kelurahan Bungur selalu memberikan layanan terbaik untuk masyarakat sesuai standar operasional pelayanan yang sudah di ltentukan.
"Pada prinsipnya kira sudah memiliki SOP pelayanan dan selalu kita sampaikan dan ingatkan kepada para petugas yang memberikan pelayanan itu untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan standar operasional yang sudah tentukan, begitu juga dengan sikap, komunikasi, tutur kata, dan jangan lupa untuk senyum, sapa kepada kepada para masyarakat yang datang ke kantor Kelurahan Bungur dalam menerima pelayanan," tandasnya.