Pelayanan program PERALIHAN, di Sekretariat RW 07/I. Foto: Zaki Ahmad Thohir
Kelurahan Mangga Dua Selatan (Madusela) melaksanakan jemput bola melalui program Pelayanan Rabu Keliling Kelurahan (PERALIHAN) di Sekretariat RW 07/I, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (13/8).
Ada berbagai jenis pelayanan pada program PERALIHAN yaitu, Pelayanan Kelurahan seperti, Pembuatan PM1, dan Pembuatan Surat Alih Waris. Pelayanan PTSP seperti, Pembuatan Surat Izin Usaha/NIB dan SKTM.
Lalu pelayanan Dukcapil seperti, IKD (Identitas Kependudukan Digital), Distribusi E-KTP, dan Pembuatan Akta Lahir.
Terakhir Pelayanan Sosial seperti, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Sosialisasi Pengajuan Alat Bantu Fisik.
Lurah Mangga Dua Selatan Agata Bayu Putra menjelaskan, adanya program PERALIHAN agar kelurahan dapat hadir lebih dekat dengan masyarakat.
"Program ini untuk memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan administrasi secara langsung bagi warga. Pelayanan dilaksanakan di masing-masing RW secara bergilir setiap bulan pada minggu kedua dan keempat," katanya.
"Pelayanan dikhususkan juga bagi warga yang lansia, disabilitas yang sulit mendapatkan akses pelayanan," imbuhnya.
Agata menambahkan, program ini sudah berjalan dari tahun 2023 hingga sekarang. Program PERALIHAN merupakan salah satu inovasi dari kelurahan untuk pelayanan jemput bola keliling.
"Sebelumnya kita bersurat terkebih dahulu kepada pengurusan RW dan menyebarluaskan flayer melalui Instagram kelurahan terkait adanya program PERALIHAN. Biasanya kami melayani 30 sampai 35 orang," ujarnya.
Sementara itu, Ketua RW 07 Kelurahan Mangga Dua Selatan Ibnu mengaku bahwa warga sangat terbantu dengan adanya program PERALIHAN karena mudah dan cepat.
Terlebih, lanjutnya, di RW 07 ada sembilan RT sehingga warga juga merasa senang karena lokasi pelayanan dekat dengan rumah. "Semoga pelayanan ini terus berlanjut karena warga merasa terbantu," tandasnya.