Pandemi Mematikan Sudah Ada Sebelum Masehi

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Penyebaran Corona Virus Desease (Covid 19) yang menyerang dunia, termasuk Jakarta. Namun, ternyata pandemi mematikan yang pernah tercatat dalam sejarah dunia, sudah ada sejak sebelum masehi.

Dilansir dari laman Historia.id dijelaskan bahwa pandemi mematikan sudah ada jauh sebelum masehi. Kasus pandemi paling awal terjadi pada tahun 430 sebelum masehi di Athena, Yunani kuno.

Tak dijelaskan apa nama wabah yang mematikan itu, namun karena penyakit ini melemahkan Athena saat perang Pelopennesia antara Athena dan Sparta untuk memperebutkan kekuasaan.

Karena banyak tentara perang Athena mati akibat terjangkit wabah ini selama perang, akhirnya menyebabkan kekalahan Athena dari Sparta. Akibat wabah ini tercatat 75-100 ribu penduduk mati.

Pandemi selanjutnya terjadi tahun 165 Masehi dikenal dengan wabah Antonius, wabah ini dikenal wabah Antonius setelah Marcus Aurelius Antoninus, salah satu dari dua kaisar Romawi meninggal karena wabah ini. Wabah ini terjadi hingga pada 180 Masehi dengan puncak kematian 5000 orang perhari.

Pada 250 Masehi terjadi wabah Cyprian, di mana korban pertama kali yang meninggal karena wabah ini adalah uskup Kristen Kartago Cyprian. Penyebaranya terjadi Ethopia, Afrika Utara, Roma, Mesir lalu ke wilayah Utara. Wabah ini terjadi hingga tiga abad berikutnya. Hingga tahun 444 Masehi wabah ini menyerang Inggris.

Di tahun 541 Masehi ada wabah Yustinianus yang diambil dari nama Kaisar Romawi Timur (Kekaisaran Bizantium) yang berkuasa saat itu yang menderita wabah ini. Namun, ia satu dari sedikit orang yang berhasil hidup. Wabah ini diyakini sebagai wujud pertama kali penyakit pes.

Pada Abad Ke-11 wabah penyakit kusta menyebar di eropa dan menjadi pandemi di wilayah ini. Kusta yang terjadi menyebabkan banyak orang menjadi cacat, dan dikucilkan dari lingkungan.

Tahun 1350 wabah black death menjadi wabah yang mematikan sepertiga populasi dunia. Wabah ini menyerang dengan sangat cepat di Eropa hingga melumpuhkan Inggris dan Prancis.

Tahun 1817 menjadi pandemi kolera pertama, penyakit yang berasal dari India ini menyebar dengan cepat ke Myanmar, dan Srilanka, baru pada tahun 1820 pandemi korela ini menyerang Thailand dan Indonesia yang saat itu dijajah Belanda. Menewaskan 100 ribu orang di Pulau Jawa.

Mitos 100 Tahun Pandemi

Akibat penyebaran Covid 19 yang terjadi di tahun 2020 banyak bermunculan mitos bahwa penyakit mematikan terjadi setiap 100 tahun sekali. Berikut pemaparanya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Mitos pertama 100 tahun pandemi Sampar terjadi di tahun 1720 di kota Marseille, Prancis yang berhasil menewaskan lebih dari 100 ribu warga. Akibat kejadian ini kehidupan ekonomi Prancis goyah, dan pulih 25 tahun setelahnya.

Di tahun 1820 wabah kolera yang menyerang asia termasuk Indonesia. Hingga menyebabkan banyak tentara Belanda yang menjajah Indonesia meninggal akibat wabah ini.

Di tahun 1920 terjadi wabah Flu Spanyol, wabah ini berasal Flu H1N1 yang telah mengalami mutasi genetika. Sebanyak 500 juta orang di dunia terinfeksi termasuk di kawasan kutub utara.

Di awal tahun 2020 wabah Covid 19 menyebar. Wabah yang berasal dari Wuhan, Tiongkok hingga menyebar dengan cepat ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Di dunia tercatat lebih dari 2 juta orang terinfeksi dan menewaskan lebih dari 145 ribu orang. Sementara di Indonesia tercatat 5516 orang terinfeksi virus ini dan menewaskan 496 orang. (As)

 

Kominfotik JP/NEL