Dalam Dua Minggu Kader PKK Kumpulkan 1,6 Ton Minyak Jelantah

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sedekah minyak jelantah di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Annisa Qurrotul Aini

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma menghadiri penyaluran sedekah minyak jelantah pasca launching Kota Tersenyum, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (30/8).

Dhany mengapresiasi antusias para kader PKK karena dalam kurun waktu dua minggu setelah launching sudah terkumpul sebanyak 1,6 ton minyak jelantah. 

Minyak jelantah yang telah dikumpulkan akan menjadi bahan baku untuk pembuatan biodiesel. Hasil penjualannya akan dikonversi menjadi sedekah untuk berbagai aksi sosial.

"Program sedekah minyak jelantah ini menjadi penting karena jika minyak jelantah tidak dikelola dengan baik, tentu akan berdampak buruk bagi lingkungan, seperti banyaknya saluran tersumbat karena pembuangan sisa minyak ke saluran air," kata Dhany.

Ia juga mengapresiasi gebrakan PKK Jakarta Pusat yang telah bekerja sama dengan Rumah Sosial Kutub sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi lingkungan, kesehatan, maupun bagi kehidupan masyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, ke depannya program sedekah minyak jelantah yang diberikan kader PKK akan dikumpulkan dan dikelola di Tingkat Kota.

"Mudah-mudahan amanah ini akan disampaikan dan diamanahkan untuk yang memerlukan serta mewujudkan Jakarta Pusat yang bersih, sehat, dan berkah. Maju Kotanya, Bahagia Warganya, Sedekah semudah tersenyum," singkatnya.