Di Bulan Ramadan, Volume Sampah Menurun

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jumlah volume sampah pada bulan Ramadan 1442 H, di wilayah Jakarta Pusat mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.

Pengangkutan sampah sebelum Ramadan per-hari berdasarkan timbangan di Bantargebang Bekasi, Jawa Barat itu volume sampah mencapai 22.961,88 ton. Sedangkan bulan April di bulan Ramadan volume sampah yang diangkut per-hari mencapai 22.665,2 ton.

Demikian dikatakan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat, Marsigit, Kamis (6/5).

“Ada penurunan volume sampah di wilayah Jakarta yakni sekitar 296 ton. Alhamdulillah semua sampah setiap hari dapat diangkut,” kata Marsigit didampingi Kepala Seksi Penanggulan Kebersihan dan Limbah B3 Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Risart Seristian.

Lebih lanjut Marsigit menuturkan, jumlah lokasi penampungan sampah sementara (LPS) di Jakarta Pusat ada 104 lokasi tersebar di delapan kecamatan. Namun, begitu pengangkutan sampah tidak ada kendala, semua bisa diangkut bersih karena sudah sesuai dengan jadwal dan jam yang diatur.

“Pelayanan pengangkutan sampah ada yang pagi dan malam hari, jadi semua sampah tidak ada sisa di LPS, semua di sapu bersih,” tegas Marigit.

Dia juga mengungkapkan, Kendaraan Dinas Operasional (KDO) truk sampah yang dimiliki Sudin Lingkungan Hidup sebanyak 349 kendaraan dan tersebar di delapan kecamatan. Semua KDO setiap hari beroperasi untuk mengangkut sampah ke Bantargebang. Selain KDO pihaknya juga menerjunkan petugas kebersihan (PJLP) sebanyak 1.190 orang.

“Untuk membantu pengangkutan sampah, kita dibantu oleh kendaraan operasional dan petugas kebersihan yakni PJLP, agar sampah di wilayah Jakarta Pusat tidak tersisa,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day