Pemkot Jakpus dan Jaksel Kolaborasi Benahi Kali Grogol

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Dua Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan meninjau lintasan Kali Grogol. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Aliran air tidak mengenal batas-batas administrasi wilayah. Oleh karena itu, sinergi kembali dilakukan untuk mengurangi lokasi rawan banjir di DKI Jakarta. Kali ini giliran Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat dengan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan yang berkolaborasi untuk memitigasi dampak luapan Kali Grogol.

Siang tadi, dua wali kota secara bersama meninjau lokasi perbatasan yang berada di Kelurahan Gelora (Jakarta Pusat) dan Kelurahan Grogol Selatan (Jakarta Selatan).

"Permasalahan aliran sungai itu harus melihat secara sistemik. Artinya tidak bisa melihat dari satu sisi aliran sungai saja, karena aliran sungai memiliki keterkaitan satu sama lain dari selatan menuju ke pusat. Karena kita berada di area DKI Jakarta yang memang kepala daerahnya sama, sehingga tidak ada kata untuk tidak saling mendukung," ucap Dhany di area Senayan Golf Club, salah satu titik yang ditinjau karena dilintasi Kali Grogol, Selasa (23/11).

Dhany melanjutkan, hal teknis di lapangan terkait penataan Kali Grogol akan dirapatkan di kantor Wali Kota Jakarta Pusat untuk menyusun roadmap yang sifatnya kolaboratif karena menyangkut dua wilayah.

"Akan ada penyatuan persepsi termasuk juga dengan pengelola golf Senayan dari sisi teknis, supaya aktivitas golf juga bisa berjalan. Kemudian penataan atau pengerukan Kali Grogol berjalan, nah ini yang mau kita susun rencananya," papar Dhany.

Menurutnya, untuk panjang kali yang akan dilakukan penataan, pihaknya sudah melakukan hitung-hitungan dengan Sudin terkait agar dapat segera menyusun langkah kerja secepatnya.

"Kurang lebih tujuh kilometer ya. Dampaknya di wilayah Selatan karena secara sistemik di sini juga harus tuntas nanti terus sampai ke Jakarta Barat harus tuntas," terang Dhany.

Di tempat yang sama Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin mengatakan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan dan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat  bersama-sama melakukan peninjauan hari ini sebagai rencana pengurasan dan pelebaran Kali Grogol.

"Tadi sudah kita lakukan (peninjauan) dari perbatasan Jakarta Selatan-Jakarta Pusat. Kita susur terus sampai dengan ketemu terakhir di golf. Kemudian ada beberapa rencana yang memang akan kita kerjakan dan nanti akan dibahas di kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Insya Allah hari Selasa mendatang," ucap Munjirin.

Dalam kesempatan tersebut Munjirin juga memastikan pihaknya sudah sepakat terkait penataan dan menyatakan tidak akan terjadi tumpang tindih dalam hal teknis maupun administrasi.

"Semua adalah tugas kita bersama jadi enggak mungkin kali (sungai) dipisah di tengah-tengah. Jadi kali kita ya kali Jakarta Pusat juga," tuturnya.