PMI Jakpus Berhasil Menghimpun Bulan Dana Tahun 2021 Sebesar 3,2 Miliar Lebih

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Penutupan Bulan Dana PMI Tahun 2021, di Hotel Luminor, Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/12). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam pelaksanaan pengumpulan bulan dana berhasil menghimpun dana dari masyarakat sebesar Rp 3.292.436.617, mengalami kenaikan sebesar 11,64% dari tahun sebelumnya.

Demikian dikatakan, Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2021 Irwandi, usai penutupan Bulan Dana PMI Tahun 2021, di Hotel Luminor, Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/12).

"Keberhasilan PMI Jakarta Pusat dalam menghimpun dana selama tiga bulan (dari 1 September hingga akhir November 2021) berkat dukungan masyarakat, pengusaha serta pemangku kepentingan sehingga perolehan dana PMI melebihi target dari target yang ditentukan sebesar 3 miliar," ujarnya.

Menurut Irwandi, tahun ini kerja sama cukup baik, walaupun di era pandemi lurah, camat serta UKPD semua memenuhi target, sehingga penggalangan dana PMI Jakarta Pusat dapat melebihi target.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa ditingkatkan lagi. Ini adalah kolaborasi, kebersamaan kita berbagi dengan para UKPD untuk membantu PMI, karena PMI yang selalu dekat Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat maupun Pemda DKI Jakarta selalu gotong royong jika ada yang kesulitan," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menguncapkan banyak terima dan mengapresiasi sekali kepada Panitia Bulan Dana PMI Tahun 2021 yang telah berhasil menghimpun dana hingga melampaui target.

"Ini capaian yang luar biasa. Target 3 miliar bisa tercapai 3,2 miliar lebih. Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada Ketua Bulan Dana PMI Jakarta yang telah gigih dalam pengumpulan dana PMI," kata Dhany.

Selain itu, wali kota juga menguncapkan terima kasih kepada donatur baik itu lurah, camat, UKPD, dan pengusaha yang telah berkontrobusi positif terhadap capain peningkatan bulan dana PMI Jakarta Pusat.

"Ini suatu cerminan kerja sama yang baik, cerminan kepedulian, cerminan semangat kemanusian bagaimana kita menghidupkan PMI," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Jakarta Pusat Soewardi Sulaiman menambahkan, hasil Bulan Dana Tahun 2021 diperuntukan untuk kegiatan kemanusian tahun 2022 yaitu, 70% dialokasikan untuk biaya pelayanan kesehatan dan penanggulangan bencana, sosial, biaya PMR, relawan, biaya organisasi, komunikasi, biaya pengembangan sumber daya, dan biaya audit dan laporan keuangan.

"Sedangkan 30% untuk biaya kepegawaian, kantor, perawatan kendaraan dinas, ambulans, dan gedung," ungkapnya.