Potensi Destinasi Wisata, Kawasan Petojo Enclek Bakal Ditata

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Ilustrasi. Foto: Rif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan melakukan penataan kawasan Petojo Enclek, Gambir.

Hal ini diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, usai pengkajian kawasan Petojo Enclek oleh Suku Dinas (Sudin) Citata, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang l, Gambir, Senin (19/4).

Menurutnya, saat ini masih melakukan kajian dan perencanaan mengenai desain penataan kawasan Petojo Enclek.

Dia mengungkapkan, kawasan Petojo Enclek dipilih untuk ditata karena adanya bangunan cagar budaya seperti Pasar Petojo Enclek, serta adanya destinasi wisata seperti Museum Prasasti.

“Penataan tidak lagi parsial, tapi berbasis kawasan. Kita ingin menata Petojo Enclek menjadi satu kawasan destinasi yang juga dapat mengembangkan perekonomian di wilayah ini,” ungkapnya.

Bakwan Ferizan Ginting menambahkan, target perencanaan dari penatan ini dijadwalkan rampung akhir Juni mendatang. Sementara proses penataan baru akan diajukan anggaranya di tahun 2022 untuk program anggaran 2023.

“Pelaksanaannya belum dilakukan tahun ini, perencanaan anggarannya akan diusulkan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Ini baru perencanaan awal saja, nanti akan kita sosialisasikan ke masyarakat,” jelasnya.

Selain program penataan Petojo Enclek, menurutnya, Pemkot Jakpus juga akan melakukan penataan di kawasan lainnya seperti, penataan Pasar Baru dan Pecenongan yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). (As)

 

Kominfotik JP/NEL