Sekko: Teknologi Informasi Sangat Potensial Dalam Kemajuan Dunia Kewirausahaan

Reporter: Irgi PKL | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin membuka webinar Pengembangan Kewirausahaan. Foto: Irgi PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar website seminar (webinar) Pengembangan Kewirausahaan yang diikuti para peserta Jakpreneur.

Kegiatan yang diikuti seluruh Jakpreneur di wilayah Jakarta Pusat ini dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (23/9).

Iqbal Akbarudin mengatakan, kewirausahaan sudah ada sejak jaman dahulu kala dan seiring perkembangan zaman kemajuan teknologi juga semakin pesat. Kewirausahaan pada saat ini memiliki tantangan dan juga potensi tersendiri yang sangat besar peluangnya karena dapat menjangkau berbagai sektor.

"Cara konvensional sudah mulai terkikis oleh kemajuan teknologi dan informasi. Teknologi informasi sangat potensial untuk dimanfaatkan dalam kemajuan dunia kewirausahaan," katanya.

Iqbal juga mendukung pengembangan kewirausahaan khususnya di Kota Administrasi Jakarta Pusat. "Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta Jakpreneur untuk bertukar pikiran, ide, pengalaman dalam rangka memajukan kewirausahaan di Jakarta Pusat," jelasnya.

Iqbal juga meminta agar para Jakpreneur harus juga terus melakukan inovasi kreativitas untuk dapat menjual produknya dengan nilai lebih dari produk sejenis dari wirausaha lain.

"Suatu yang unik, berbeda walaupun sejenis dengan produk lainnya akan lebih membuat orang tertarik memilih produk yang kita jual atau hasilkan," ungkapnya.

Bagi para UKPD di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat, lanjutnya, agar memfasilitasi, menjembatani, dan mengembangkan Jakpreneur yang ada. Sebab, tantangan ke depan yang akan menjadi pijakan usaha Jakpreneur dalam menentukan tingkat ke tempat yang lebih tinggi lagi.

"Menjaga mutu, kualitas yang baik menjadi bekal positif dalam bersaing di dunia usaha," jelasnya.

Melalui webinar ini, Iqbal mengharapkan, dapat memberikan semangat dan motivasi bagi pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan usahanya di masa pandemi Covid-19.

"Semangat ini tentu sejalan dengan yang diharapakan Gubernur DKI Jakarta untuk menciptakan Jakarta sebagai kota yang sehat, aman, dan produktif. Menjadi bekal utama kita sama-sama menikmati Maju Kotanya Bahagia Warganya," tandasnya.