Sudin KPKP Jakpus Gelar Webinar Olahan Ayam

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin KPKP menggelar pelatihan olahan penanganan ayam Aman Sehat Utuh Halal (ASUH), Selasa (7/12). Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar webinar olahan penanganan ayam Aman Sehat Utuh Halal (ASUH), Selasa (7/12).

Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti menerangkan, kegiatan webinar ini dilakukan dalam rangka memberikan informasi kepada warga terkait peternakan, pertanian, dan perikanan. Kegiatan ini rencananya akan dilakukan dalam tiga sesi pada tanggal 7, 8, sampai 13 Desember 2021 mendatang.

"Webinar hari ini berkaitan dengan peternakan, karena sekarang banyak isu ayam ungkep yang mengandung sintesis. Sekaligus juga memberikan edukasi kepada masyarakat dalam memilih pangan sehat untuk keluarga," katanya.

Dalam kegiatan webinar ini, lanjutnya, Sudin KPKP juga berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Hewan IPB dan Indonesian Cheff Association BPD DKI Jakarta.

"Webinar ini bentuknya pelatihan, sehingga dapat menjadi peluang untuk wirausaha baru dalam menyajikan makanan sehat dan berkualitas, di mana para ibu-ibu juga dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam memasak," jelasnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menilai keberadaan pangan yang berkualitas di masa pandemi sangat penting bagi keluarga. Sebab, dengan pangan yang sehat dan bernilai gizi tinggi dapat meningkatkan imunitas, serta mencegah terpapar Covid-19.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini, karena bisa memberikan ilmu bagi Jakprenuer kita, bagaiman cara mengolah makanan yang sehat dan bergizi. Nantinya hasil dari pelatihan olahan ayam ini bisa dijual untuk menambah perekonomian mereka juga," pungkasnya.