Sudin Nakertrans Energi Gelar Pelatihan Mengemudi SIM A

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan pelatihan mengemudi SIM A. Foto: Berlian Sigit

Suku Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi dengan Bank BNI menggelar pelatihan mengemudi SIM A, di Ruang Rapat Nakertrans, Lantai 5 Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (13/10).

Pelatihan mengemudi ini dibuka langsung Kepala Dinas Nakertrans dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andriansyah. Dalam kesempatan ini, Andriansyah menyatakan, pelatihan mengemudi yang dilakukan ini dalam rangka memberikan keterampilan bagi para pencari kerja sekaligus mengurangi jumlah pengangguran.

Andriansyah menyadari dampak pandemi Covid-19 juga berimbas pada dunia ekonomi dan ketenagakerjaan. “Laksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, manfaatkan kesempatan ini dengan baik. Pelatihan ini bisa dijadikan modal dalam mendapatkan pekerjaan,” ungkapnya.

Andriansyah juga menjelaskan, meski terdampak pandemi, namun program-program pelatihan untuk para pencari kerja di Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta maupun yang ada di Sudin Nakertrans dan Energi Tingkat Kota tetap berlangsung. Sebab, saat ini pihaknya mengandeng para kolaborator dari dunia usaha untuk ikut bergabung.

“Sekarang basisnya kolaborasi yaitu dengan mengikutsertakan para pelaku usaha-usaha yang mempunyai kepedulian terhadap warga Jakarta. Alhamdulillah sudah ada 51 kolaborator yang sudah melakukan kerja sama,” jelasnya.

Sementara itu, Kasudin Nakertrans dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat Fidiyah Rokhim menerangkan, ada 15 peserta dari delapan kecamatan yang mengikuti pelatihan mengemudi SIM A ini. Para peserta ini juga merupakan hasil dari usulan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan).

“Pelatihan ini akan dilakukan mulai dari 13-26 Oktober 2021, setelah pelatihan mengemudi ini para peserta akan mendapatkan SIM A,” terangnya.

Fidiyah menjelaskan, dalam pelatihan mengemudi ini pihaknya bekerja sama dengan Sekolah Mengemudi Persemija Jaya Baru. Sementara untuk pendanaan pelatihan semuanya dibiayai Bank BNI yang sudah berkolaborasi bersama Sudin Nakertrans dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Di tempat yang sama, Pemimpin Kelompok Hubungan Industrial Bank BNI Tino Aditya menyatakan, akan terus berkolaborasi dan membina hubungan dengan Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta maupun Sudin Nakertrans dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam berbagai kegiatan ke depannya.

Menurutnya, kolaborasi ini merupakan salah satu upaya Bank BNI untuk ikut berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan.

“Tentunya kami berharap kolaborasi ini akan terus continue. Semoga dengan kolaborasi ini menjadi salah satu sumbangsih Bank BNI untuk dapat meningkatkan lapangan pekerjaan khususnya dalam masa pandemi,” tandasnya.