Tangani Genangan, Pemkot Jakpus Prioritaskan Lima Lokasi Kelurahan

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat Koordinasi Wilayah Tingkat Kota, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (28/9). Foto: Irgi PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat memprioritaskan lima lokasi wilayah kelurahan dalam mengatasi genangan memasuki musim penghujan yang diperkirakan berlangsung pada Oktober mendatang.

"Ada lima lokasi prioritas yaitu di Kelurahan Karet Tengsin, Bendungan Hilir (Benhil), Petamburan, Johar Baru, dan Cikini-Pegangsaan," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma usai Rapat Koordinasi Wilayah Tingkat Kota, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (28/9).

Selain itu, lanjut Dhany, bagi Sudin Bina Marga pompa-pompa underpass agar rutin melakukan pengecekan sehingga dapat berfungsi dengan baik. "Juga pompa air yang dikelola SDA juga harus dicek," katanya.

Terkait sumur resapan, Dhany menambahkan, dalam mengantisipasi genangan ditambah bioswell, penurunan median taman harus segera dikerjakan.

"Program penanganan genangan harus segera dituntaskan seperti, kolam olakan, pompa stasioner, dan pompa mobile," jelasnya.

Di samping itu jika terjadi banjir, Dhany mengatakan agar semua logistik terpenuhi, pos-pos penanganan banjir juga didirikan, dan menempatkan sumber daya manusia yang terlatih dalam penanganan bencana.

"Ini langkah-langkah yang harus dipersiapkan dan dituntaskan. Posko harus berada di setiap wilayah yang rawan banjir dimulai hari ini," tandasnya.