180 Balita Kelurahan Benhil Ikut Pemeriksaan Kesehatan di Posyandu Nusa Indah

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Benhil Rida Mufrida meninjau pelaksanaan pemeriksaan kesehatan balita di Posyandu Nusa Indah. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil) menggelar pemeriksaan kesehatan bagi balita, di Posyandu Nusa Indah, Jalan Pejompongan RT 10 RW 07, Kecamatan Tanah Abang. Jakarta Pusat, Rabu (6/4).

Lurah Benhil Rida Mufrida menjelaskan, pada bulan April ini mulai dibuka posyandu balita secara offline. Sebelumnya pelaksanaan dilakukan secara door to door dikarenakan DKI Jakarta berada di PPKM level 3.

"Sekarang level di DKI Jakarta sudah turun dan Kelurahan Benhil wilayah Pejompongan masuk kedalam zona hijau, sehingga kami bisa melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi balita ini secara offline," katanya di lokasi.

Pada hari ini, lanjutnya, 180 balita telah terdaftar di dua posyandu RW 07, untuk pemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan sebagainya.

"Untuk pemeriksaan kesehatan balita di Kelurahan Benhil dilakukan sebulan sekali. Hari ini pemeriksaan kesehatan balita di bagi dua, di Posyandu Nusa Indah RT 10 telah terdaftar 100 balita dan Posyandu Nusa Indah 2 di RT 13 terdaftar 80 balita," ungkapnya.

Rida menambahkan, selain pemeriksaan kesehatan, di Posyandu Nusa Indah ini juga melakukan imunisasi bagi balita usia 0-5 tahun, baik Imunisasi Polio, DPT, dan Campak.

Sementara itu, Siti Aminah warga RT 10 RW 07 Kelurahan Benhil mengaku senang dengan digelarnya kembali pemeriksaan kesehatan bagi balita, selain dekat dengan rumah tidak perlu jauh ke puskesmas.

"Saya merasa terbantu dengan dibukanya kembali pemeriksaan kesehatan bagi balita di Posyandu Nusa Indah karena dapat mempersingkat waktu dibanding ke puskesmas," katanya.

"Selain itu, kita juga dapat mengetahui kesehatan anak, dari naik turunnya berat badan serta tinggi badan, karena sudah ada catatannya di tiap pemeriksaan. Sudah empat anak saya juga melakukan imunisasi di posyandu ini," ungkapnya.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, para balita mendapatkan makanan tambahan untuk meningkatkan gizi anak.

Dalam kegiatan ini unsur yang terlibat dari Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, PKK Kelurahan, dan Kader Posyandu Benhil.