500 Pemain Angklung Wanita Lansia Ramaikan Lapangan Banteng

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

500 lansia memainkan angklung di Lapangan Banteng. Foto: Dwi Arif

Memeriahkan Hari Angklung Sedunia, sebanyak 500 orang lanjut usia (lansia) yang didominasi wanita memainkan angklung secara bersamaan di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (20/11).

"Kegiatan ini diinisiasi oleh lansia aktif di wilayah DKI Jakarta dan Dinas Sosial DKI Jakarta, Serta mencoba untuk mencatatkan Rekor MURI," kata Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin didampingi Kasudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam.

Selain bertepatan dengan Hari Angklung Sedunia, lanjut Iqbal, hari ini juga menjadi momen penting karena musik angklung diikut sertakan dalam upacara pagelaran olahraga sepak bola terbesar di dunia.

"Angklung akan memeriahkan kejuaraan sepak bola dunia di Qatar tahun ini," tambah Iqbal.

Untuk itu, Iqbal memberikan apresiasi bagi pegiat seni dan pecinta musik angklung yang telah melestarikan musik musik tradisional di DKI Jakarta. Dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat ditumbuh kembangkan di tengah masyarakat, serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap musik tradisional.

Sementara itu, Ketua Harian Lansia Aktif Peduli Indonesia (Lantip) Sumantoro Radjiman selaku penggagas kegiatan ini berharap pagelaran ini berhasil meraih rekor MURI.

Dia juga meminta kepada pemerintah pusat dan Pemprov DKI agar lebih intensif memperhatikan lansia karena merupakan aset yang juga berharga bagi bangsa.

"Kami sangat berterima kasih diberikan kesempatan oleh Pemerintah Daerah atas penampilan ibu-ibu kita para lansia yang masih produktif untuk ikut melestarikan angklung di Indonesia," pungkasnya.