59 Hewan Peliharaan Warga Sumur Batu Divaksin Rabies

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi HPR di RPTRA Mutiara Sumur Batu. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan vaksinasi bagi Hewan Penular Rabies (HPR) di RPTRA Mutiara, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Selasa (15/11).

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Pusat Herawati mengatakan, vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta tetap bebas rabies.

"Kami Sudin KPKP Jakarta Pusat melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies di wilayah Kemayoran, saat ini kita berada di RPTRA Mutiara dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta tetap bebas rabies," ucapnya.

Pada pelaksanaan kali ini, lanjutnya, ada sebanyak 59 ekor HPR yang terdiri dari 16 ekor anjing dan 43 ekor kucing telah dilakukan vaksinasi rabies.

Hera berharap dengan adanya kegiatan ini, warga masyarakat dapat lebih bijaksana dan bertanggung jawab untuk memberikan vaksinasi kepada hewan peliharaannya.

Di tempat yang sama, seorang warga Sumur Batu Eli merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies ini. Menurutnya, jika vaksinasi rabies ini dilakukan di dokter hewan harganya cukup mahal sedangkan di tempat ini dilakukan tanpa biaya alias gratis.

"Alhamdulillah saya senang sekali, karena saya memiliki kucing yang banyak jadi kalau untuk vaksin rabies ke dokter hewan harganya kan lumayan kalau di sini kan gratis pastinya sangat membantu", katanya saat diwawancarai oleh tim Kominfotik Jakarta Pusat.

Eli pun berharap agar vaksinasi bagi HPR ini selalu rutin dilakukan dan adanya pemberian obat cacing kepada hewan peliharaan.