Cegah Omicron BA.4 dan BA.5, Pemkot Jakpus Jadwalkan Akselerasi Vaksin Booster

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) tengah menjadwalkan akselerasi vaksinasi Booster atau tahap tiga, guna mengantisipasi lonjakan varian baru Covid-19 yaitu Omicron BA.4 dan BA.5.

"Akselerasi vaksinasi Booster ini sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan guna mengantisipasi lonjakan kasus varian baru Omicron BA.4 dan BA.5," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma saat rapat koordinasi wilayah, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat Jalan Tanah Abang I Gambir, Selasa (14/6).

Dhany mengatakan, nantinya program akselerasi vaksin ini akan dilakukan di wilayah kelurahan yang capaian vaksinasi Booster-nya masih kurang. Dan penilaian capaian vaksinasi Booster ini akan dilakukan melalui data lapangan dari Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Kita gunakan data lapangan dari Sudin Kesehatan, kita lihat mana kelurahan yang vaksinasi Booster-nya kurang. Maka kita akan melakukan layanan vaksinasi di kelurahan tersebut," ungkapnya.

Dalam upaya akselerasi vaksinasi Booster ini, Dhany juga meminta jajaran kelurahan, tiga pilar, FKDM, RT, RW, untuk bersinergi melalukan penjangkauan jemput bola bagi warga yang belum melakukan vaksinasi Booster. 

Terkait pelaksanaan vaksinasi, menurutnya, saat ini tengah meminta kelurahan untuk menentukan titik layanan vaksinasi booster di tiap kelurahan. "Hari ini kita sudah memetakan titik layanan vaksinasi di tiap kelurahan. Saya tunggu hari ini datanya," tandasnya.