Dekot Serap Aspirasi Masyarakat Wilayah Kecamatan Gambir

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Serap Aspirasi Dekot, di Aula Kantor Kecamatan Gambir, Rabu (13/7). Foto: H. A. Daelani

Sekretaris Camat (Sekcam) Gambir Eddy mengatakan, kegiatan serap aspirasi warga masyarakat yang diinisiasi Dewan Kota (Dekot) Administrasi Jakarta Pusat suatu forum yang sangat baik sekali, karena dapat menampung semua aspirasi warga masyarakat yang mungkin tidak bisa ditampung dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

"Ini merupakan forum yang sangat baik sekali, karena bisa menampung semua aspirasi masyarakat yang mungkin tidak bisa tertampung di Musrenbang atau jalur lain," kata Eddy saat membuka kegiatan Serap Aspirasi Dekot, di Aula Kantor Kecamatan Gambir, Rabu (13/7).

Menurutnya, dalam forum ini warga bisa memberikan solusi atau memberikan jalan keluar terhadap suatu persoalan baik bisa diselesaikan di tingkat kecamatan atau ke bawahnya atau bisa diteruskan ditingkat atas yang mempunyai kewenangan untuk menyelesaikannya.

"Kami berharap peran Dekot lebih ditingkatkan dan lebih banyak menjalin hubungan dengan masyarakat di bawah artinya lebih banyak menyerap hal-hal aspirasi masyarakat, ini juga membantu kami dalam menginventarisir persoalan yang ada di wilayah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kota Administrasi Jakarta Pusat Ardy Purnawan Sani mengatakan, serap aspirasi warga guna menampung segala persoalan atau isu yang ada di masyarakat.

Menurutnya, hampir sebagian besar perwakilan lembaga yang disampaikan tersebut bisa ditangani pada UKPD terkait, dan yang belum akan dilakukan koordinasi ke tingkat kota.

"Dari hasil pertemuan ini akan merangkum semua kesimpulan yang didapat dari pertemuan-temuan setiap organisasi baik itu LMK, RT, RW, FKDM, Karang Taruna untuk nanti disampaikan ke Wali Kota Jakarta Pusat untuk bisa dicarikan solusi yang terbaik,"  tuturnya.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi cara yang positif buat pemerintah kota untuk mengambil kebijakan-kebijakan dari hasil aspirasi dari bawah," imbuhnya.