Dinas KPKP DKI Jakarta Gelar Steril Akbar dan Vaksinasi Rabies Drive Thru

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi Rabies Drive Thru. Foto; Angga Rizkyanda

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan sterilisasi kucing dan vaksinasi rabies drive thru di Gelanggang Olahraga (GOR) Cempaka Putih, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Sabtu (24/12).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta bersama Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat serta komunitas Animal Defenders Indonesia, dan Radhiyan Pet and Care.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, ini merupakan upaya untuk menekan angka populasi kucing sehingga dapat mengurangi risiko penelantaran dan kekerasan terhadap hewan, sekaligus untuk mengendalikan sampah plastik di lingkungan.

“Kita menginginkan masyarakat lebih peduli kepada lingkungan sekitarnya secara total. Tidak hanya untuk peduli terhadap hewan peliharaannya namun juga peduli terhadap sampah-sampah atau limbah plastiknya,” ucapnya.

Suharini berharap, dengan adanya sterilisasi dan vaksinasi ini dapat menjadi momentum agar masyarakat lebih bertanggung jawab terhadap hewan peliharaannya maupun terhadap lingkungan sekitar.

“Saya harap teman-teman semuanya juga bisa memanfaatkan momen yang baik ini agar kita lebih bertanggung jawab sebagai pemilik hewan dan juga bertanggung jawab terhadap lingkungan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti menjelaskan, masyarakat dapat mengikuti sterilisasi kucing lokal berpemilik secara gratis dengan menukarkan 100 botol plastik bekas untuk sterilisasi satu ekor kucing jantan dan 150 botol plastik bekas untuk sterilisasi satu ekor kucing betina.

“Hari ini diselenggarakan kegiatan sterilisasi gratis bagi kucing jalanan dan kucing lokal berpemilik dengan syarat menukarkan 100 botol plastik bekas untuk jantan dan 150 botol plastik bekas untuk yang betina. Kuota yang disediakan 250 ekor kucing jantan dan 50 ekor kucing betina,” jelasnya.

“Selain itu, juga dilaksanakan vaksinasi secara gratis. Untuk pelaksanaannya, Sudin KPKP berkolaborasi dengan mahasiswa Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB,” tambahnya.

Menurutnya, kegiatan hari ini merupakan langkah awal kerja sama yang baik dengan menggandeng komunitas. Rencananya, Sudin KPKP dan komunitas pecinta hewan akan kembali mengadakan vaksinasi dan sterilisasi di wilayah lain yang ada di Jakarta Pusat.

“Ini adalah awal dari program vaksinasi dan sterilisasi yang berlangsung di Kecamatan Cempaka Putih. Rencananya ke depan, mudah-mudahan kami dapat mengadakan di tempat lain yang ada di wilayah Jakarta Pusat dengan kembali bekerja sama dengan komunitas,” ucapnya.

Penty berharap, kegiatan ini dapat menekan jumlah over populasi kucing di DKI Jakarta khususnya di Jakarta Pusat sehingga dapat mempertahankan status DKI Jakarta bebas rabies serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sterilisasi dan vaksinasi untuk kesehatan hewan peliharaan maupun pemiliknya.

“Semoga masyarakat menjadi lebih sadar pentingnya sterilisasi dan vaksinasi untuk kesehatan hewan serta pemiliknya. Semoga juga kegiatan ini dapat menekan jumlah populasi hewan dan dapat mempertahankan Jakarta bebas rabies,” tutupnya.

Di lokasi yang sama, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Panji Virgianto turut mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, selain dapat menekan populasi kucing, kegiatan ini juga mengedukasi warga untuk lebih cinta lingkungan.

“Kerja sama ini tidak boleh berhenti di sini saja, mengingat populasi jumlah hewan khususnya kucing di DKI Jakarta ini cukup banyak. Kita tidak menginginkan menjadi hama tapi bersahabat antara manusia dengan hewan salah satunya melalui konsep kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Panji juga berharap, melalui kegiatan ini masyarakat bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan dan juga hewan peliharaannya.

“Ke depan kami harapkan masyarakat bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan mengumpulkan sampah plastik yang bisa ditukarkan untuk memberikan kontribusi bagi lingkungan dan hewan peliharaannya,” tutupnya.

Turut hadir, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Pusat Herawati, Camat Cempaka Putih Fauzi, dan Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari.