Hari Sumpah Pemuda, Wali Kota: Mari Bersatu Bangun Bangsa

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menjadi pemimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94.

Dhany mengatakan, peringatan sumpah pemuda kali ini mengangkat tema 'Bersatu Bangun Bangsa' dan berupaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan.

"Peringatan Sumpah Pemuda juga mengajari kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama ras, dan kultur yang menguatkan bukan sebagai faktor yang melemahkan," katanya dalam sambutannya, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (28/10).

Menurutnya, peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda pada tahun 1928 telah mengantarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

"Peran pemuda sudah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peran pemuda juga memiliki arti penting dalam menangkal ancaman-ancaman yang datang di negeri kita tercinta Indonesia," jelasnya.

Dhany menambahkan, tema peringatan sumpah pemuda kali ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan membangun ketangguhan.

"Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia," ucapnya.

"Pemuda hari ini adalah tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan pemuda saat ini menjadi penentu perkembangan Bangsa Indonesia di masa depan," imbuhnya.

Dhany juga mengajak untuk menjadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini sebagai momentum semangat kebersamaan, persatuan dalam membangun bangsa.

Dalam peringatan upacara Sumpah Pemuda tersebut juga diberikan piagam bagi Duta Pemuda Kota Administrasi Jakarta Pusat. Serta Juara I Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Provinsi DKI Jakarta warga Kemayoran.