Kelurahan Karet Tengsin Kolaborasi RS Murni Teguh Gelar Screening Katarak Bagi Lansia

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Screening Katarak bagi orang lanjut usia (lansia), di Posyandu Lansia Pusaka 78 RW 04, Jalan Mutiara, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (25/10). Foto: Malik Maulana

Kelurahan Karet Tengsin berkolaborasi dengan Rumah Sakit (RS) Murni Teguh menggelar Screening Katarak bagi orang lanjut usia (lansia), di Posyandu Lansia Pusaka 78 RW 04, Jalan Mutiara, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (25/10).

Sekertaris Kelurahan Karet Tengsin Ani Purnama mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengurangi angka kebutaan karena katarak dan yang mengikuti ada 20 lansia. "Hari ini yang mengikuti pemeriksaan mata secara gratis ada 20 lansia," katanya.

Menurutnya kolaborasi ini sangat bermanfaat bagi para lansia dari segi kesehatan itu sangat membantu warga yang susah.

"Pelayanan ini mendekatkan kepada para lansia, daripada mereka ke harus kerumah sakit yang lumayan jauh, dan antre. Namun dengan adanya kolaborasi ini bisa memudahkan para lansia. Jaraknya juga tak jauh menuju ke posyandu," ucapnya.

"Semoga kedepannya kita melakukan kolaborasi lebih daripada ini, mungkin ada pemeriksaan yang sifatnya lebih urgent," imbuhnya.

Sementara itu, Perwakilan RS Murni Teguh Ricardo mengungkapkan, setelah pandemi ini kolaborasi kembali rutin dilakukan, tidak hanya screening katarak saja tetapi juga kesehatan lainnya.

Untuk hari ini, lanjutnya, ada 20 lansia dilakukan screening mata untuk melihat kesehatan matanya. "Kalo dari 20 orang yang kita screening ada terlihat kataraknya akan dilanjutkan tindakan operasi menggunakan BPJS," ucapnya.