Kelurahan Senen Gelar Posbindu dan Posyandu Lansia

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pengukuran tinggi badan bagi lansia. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Senen bersama Puskesmas Kecamatan Senen menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Sekretariat RW 05, Kamis (13/10).

Lurah Senen Henny Mahrojah mengatakan, posyandu lansia ini dalam rangka untuk mengecek dan juga memastikan lansia yang ada di RW 05 ini kesehatannya terjaga.

"Di sini ada pengecekan gula darah, kolestrol, dan asam urat. Biasanya para lansia ada penyakit tersebut jadi kita cek, memonitor, dan mengontrol untuk mencegah penyakit tersebut," katanya.

Henny menuturkan, kegiatan posyandu lansia dan posbindu ini rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali secara bergantian.

"Untuk lansia dan posbindu total ada 90-an kalau digabung memang paling banyak lansia-nya sekitar 75-an selebihnya itu baru posbindu," tuturnya.

Dalam posyandu ini, lanjutnya, apabila kedapatan lansia atau posbindu yang gula darah, kolestrol atau asam uratnya tinggi ada dari pihak Puskesmas Kecamatan Senen yang menjelaskan dan memberikan obatnya.

"Keberadaan posyandu ini sangat penting bagi mereka karena kita mendekatkan pelayanan kesehatan. harapannya tentu kami menginginkan warga kami khususnya para lansia ini tetap terjaga kesehatannya," ujarnya.

Di tempat yang sama, warga RW 05  Sumarni (65) mengaku senang dengan adanya posbindu ini karena bisa dapat mengecek kesehatannya secara rutin.

"Bagus sekali ada posyandu ini karena ada berbagai pengecekan kesehatan yang bagus. Semoga posyandu ini terus berlangsung," ucapnya.