Kerja Bakti Gerebek Lumpur dan Penanaman Pohon Berlangsung di Jalan Bendungan Jago

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Kabag KKPP dan Camat Kemayoran meninjau normalisasi saluran di RW 01 Serdang. Foto: Daffa Magang

Setelah pada Jumat (11/11) lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat secara serentak membersihkan tali-tali air di tiap titik wilayah kecamatan.

Hari ini, Minggu (13/11) secara berkala kerja bakti gerebek lumpur terus dilaksanakan di tiap wilayah kelurahan. 

Pada kesempatan ini, Kepala Bagian Kepegawaian, Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik (Kabag KKPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Munjir Munaji, didampingi Camat Kemayoran Asep Mulyaman, Sekkel Serdang, dan jajaran terkait bersama meninjau kerja bakti di RW 01, Jalan Bendungan Jago, Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam kerja bakti gerebek lumpur ini, ada beberapa yang akan dilaksanakan seperti, revitalisasi atau normalisasi saluran di Jalan Krida 6, kerja bakti warga di semua RT wilayah RW 01, dan penataan kawasan unggulan di Jalan Bendungan Jago.

"Kerja bakti di wilayah  Kelurahan Serdang dilakukan secara menyeluruh, dari mulai gerebek lumpur, penopingan, pengurasan saluran yang sudah berjalan dengan baik," katanya di lokasi.

Menurutnya, kawasan ini disebut kawasan Delta. Atau daerah pintu air yang rawan banjir. Untuk itu, dilakukan kerja bakti secara berkala.

"Daerah ini memang rawan banjir apalagi jika aliran Kali Sentiong naik. Makannya kita lakukan kerja bakti agar saluran dari kali ke warga dan warga ke kali bisa bersih dan lancar," ucapnya.

Sementara itu, Camat Kemayoran Asep Mulyaman menambahkan, terkait penataan kawasan unggulan di sepanjang Jalan Bendungan Jago di RW 01, 02 Kelurahan Serdang dengan kegiatan berupa penataan taman, perbaikan jalan dan saluran, serta pengecatan satpel berwarna-warni di Kali Sentiong.

"Personel yang dikerahkan sebanyak 230 dari Kecamatan Kemayoran yang semua sektoral terlibat bersama masyarakat Kelurahan Serdang," jelasnya.

Dengan adanya kerja bakti di RW 01, lanjut Asep, semoga warga dapat terhindar dari banjir karena kawasan ini cukup rawan yang langsung berdekatan dengan Kali Sentiong.

Untuk diketahui, selain kerja bakti gerebek lumpur juga dilakukan penanaman tiga Pohon Tabebuya, di Jalan Bendungan Jago Raya.