Lombok Farm House dan RPTRA Gondangdia Ikuti Penilaian Urban Farming Terpadu

Reporter: Maulana Yusuf | Editor: Shendy Adam

Kasudin KPKP Jakpus bersama Camat Menteng di Lokasi Urban Farming

Kelurahan Gondangdia mewakili Kecamatan Menteng sebagai lokasi penilaian Urban Farming Terpadu yang selenggarakan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Pusat (Sudin KPKP Jakpus).

 

Ada dua lokasi urban farming yang dijadikan titik penilaian yaitu di Lombok Farm House dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Gondangdia. Kepala Sudin KPKP Jakpus, Penty Yunesi mengatakan Urban Farming Terpadu sebagai apresiasi masyarakat maupun kelompok yang sudah melaksanakan pertanian perkotaan.

 

"Kita melakukan penilaian secara terpadu yaitu urban farming tanaman hidroponik dan urban farming secara konvensional serta perikanan, kita menilai juga tanaman ikonik jakarta pusat dan tanaman ikonik tiap kecamatan," katanya saat melakukan pemantaua  penilaian di Lombok Farm House.

 

Penty menjelaskan Penilaian Urban Farming Terpadu ini dilaksanakan dalam rangka kolaborasi skala besar dan Jakarta Hajatan. Menurutnya urban farming di Kecamatan Menteng ini sudah cukup bagus dan tertata baik 

 

"Urban Farming disini (Lombok Farm House) sudah dilakukan sejak lama dengan pendampingan Kasatlak kami dan di sini juga ada Pak Hendra yang berkecimpung di urban farming, pemilik Lombok Farm House juga welcome jadi mendukung kegiatan urban farming dan perikanan sehingga hasilnya cukup bagus," jelasnya.

 

Di lokasi yang sama Camat Menteng Suprayogie mengapresiasi pihak kelurahan dan pemilik Lombok Farm House yang telah melakukan pembudidayaan berbagai tanaman hidroponik dan ikan di lokasi tersebut. "Lombok Farm House ini yang tadinya rumah kosong menjadi sangat indah, bagus dan terawat,"ucapnya.

 

Suprayogie memaparkan sudah banyak lokasi urban farming di wilayah Kecamatan Menteng seperti RPTRA Gondangdia, Jalan anyer, Jalan Cikini, dan gang-gang serta beberapa rooftop. "Semua dikelola dengan baik oleh pengelola seperti pemilik, tim PKK, dan warga masyarakat," ujarnya.

 

Ia berharap keberhasilan urban farming di dua lokasi ini bisa direplikasi oleh lokasi lainnya di wilayah Menteng. "Semoga akan banyak lombok farm house lainnya yang akan timbul di wilayah kecamatan menteng,"tutupnya.