Malam Final Abnon, Anies Baswedan: Dutanya Jakarta Sebagai Kota Global

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Gubernur Anies Baswedan menyerahkan piala kepada juara Abang None Tahun 2022. Foto: Angga Rizkyanda

Setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi, Malam Final Pemilihan Abang None Jakarta 2022 yang menjadi gelaran yang ke-50 kembali berlangsung, di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Jumat (2/9) malam.

Malam Final Pemilihan Abang None Jakarta 2022 dibuka langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies mengatakan bahwa yang terpilih sebagai Abang None tahun ini dalam tugasnya bukan sekadar duta pariwisata terlebih dalam masa pandemi yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan.

"Belajar dari situasi ini, maka di Abang None 2022 kita memproyeksikan mereka lebih dari sekadar duta pariwisata. Mereka menjadi dutanya Jakarta. Mereka menjadi duta Jakarta sebagai Kota Global di dunia," ujarnya.

Anies mengungkapkan bahwa Jakarta baru saja menyelesaikan tugas sebagai tuan rumah pertemuan pemimpin kota (Wali Kota-Gubernur) dari negara anggota G20 yang tergabung dalam U20 Mayors Summit mendapatkan kesan positif dari para delegasi.

"Hampir semua pesertanya mengatakan bahwa the best summit of urban 20 adalah yang terjadi di Jakarta kemarin," ujarnya.

Anies menyampaikan pemimpin kota dunia yang datang menjadi saksi Jakarta setara dengan kota global lainnya. Kendati begitu, dia menyadari masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan oleh kota yang sudah berdiri sejak 495 tahun lalu itu.

"Karena itu Abang None yang pada malam hari ini masuk final kita proyeksikan mereka memiliki tugas untuk mewakili Jakarta di dalam konteks Kota Global. Keluar mereka mewakili Jakarta, ke dalam mereka mewakili pemikiran bahwa kota ini harus transformasi menjadi kota yang setara dengan kota global lainnya," jelasnya.

Menurutnya, para finalis Abang None 2022 yang berada di panggung malam ini merupakan orang-orang terpilih melalui proses seleksi panjang. Dia memandang perhelatan Abang None mencerminkan Jakarta memiliki stok anak muda potensial.

"Kami percayakan pada para dewan juri untuk nantinya memilih mereka yg akan mewakili Jakarta dan kami berharap kegiatan ini menjadi gambaran bahwa kita punya stok anak muda hebat di Jakarta kita punya cukup anak muda yang kita bisa dibanggakan untuk masa depan" ujarnya.

Untuk diketahui, Juara Abang None tahun 2022 diraih Andika Pratama dari perwakilan Abang Kota Administrasi Jakarta Pusat, dan None-nya diraih Zaida Jameela dari Kepulauan Seribu.