Panen Raya Jagung di Yonbekang-3

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Panen Raya Jagung di Yonbekang-3/darat. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama jajaran Pusat Pembekalan Angkutan Angkatan Darat (Pusbekangad) Kodim 0501 JP, dan Polres Jakarta Pusat melakukan Panen Raya Jagung, di Yonbekang-3/darat, Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (2/12).

Dalam kegiatan ini dihadiri Camat Senen Ronny Jarpiko yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini, di mana TNI telah memikirkan mengenai ketahanan pangan dan patut dicontoh.

"Terima kasih Yonbekang-3 kita diajak tanam, walaupun awalnya pesimis karena ini tanah urukan. Alhamdulillah ternyata berhasil, paling tidak ini jadi contoh dilahan terbatas ini," katanya.

Hal senada diungkapkan, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi dengan memanfaatkan ruang yang ada instansi ini berhasil menanam dan memanen jagung.

Menurutnya, ini merupakan prestasi yang bagus di mana setelah dilakukan pemberian bibit dari pihak kelurahan dan pembinaan dari Sudin KPKP Yonbekang-3 berhasil merawat, sehingga bisa memanen jagung.

"Kita berkolaborasi dengan Yonbekang-3 sejak 31 Agustus 2022 dengan metode konvensional dan sesuai umurnya panen 3 bulan, maka bulan ini sudah bisa dipanen," ucapnya.

Sementara itu, Kapusbekangad Mayjen TNI Helly Guntoro menjelaskan, ketahanan pangan merupakan program pemerintah dan juga salah satu program TNI-AD dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian untuk mengantisipasi krisis global.

"Alhamdulillah pada hari ini Yonbekang-3/darat panen raya jagung yang telah ditanam 3 bulan lalu, memanfaatkan lahan seefektif dan seefisien mungkin 2.000 meter persegi dengan 2.097 batang jagung yang menghasilkan sekitar 900-1.000 kilogram. Ini adalah prestasi yang luar biasa Danyon beserta jajarannya," tandasnya.