Pelatihan Teater 2022 Ditutup, Kasudin Kebudayaan Tantang Pengiat Berprestasi di Tingkat Provinsi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penutupan Pelatihan Teater 2022, di Gedung Muhammad Mashabi, Jalan KH Mas Mansyur, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (24/6). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Muhammad Nurdin menutup kegiatan Pelatihan Teater 2022, di Gedung Muhammad Mashabi, Jalan KH Mas Mansyur, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (24/6).

Nurdin mengatakan pelatihan yang berlangsung selama 10 hari mulai dari tanggal 13 hingga 24 Juni 2022 merupakan upaya pembinaan seni di kalangan pelajar, sanggar, maupun masyarakat Jakarta Pusat sebagai wadah untuk berekspresi.

"Diharapkan manfaat dalam pelatihan ini ialah menjadikan peserta yang laik dalam seni teater dan dapat menumbuhkan bibit-bibit masyarakat yang gemar kesenian khususnya seni teater di Jakarta Pusat," katanya.

Dalam kesempatan ini Nurdin menantang para pegiat teater Jakarta Pusat di tahun 2023 untuk berkreasi dalam Festival Teater Jakarta. "Silahkan berkreasi seluruh sanggar yang ada di wilayah Jakarta Pusat silahkan berkompetisi di sana," ucapnya.

Nurdin juga tak menginginkan para sanggar hanya juara di Tingkat Jakarta Pusat tetapi juga harus bisa berhasil di Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Saya ingin Jakarta Pusat disebut urutan satu hingga lima ketika berkompetisi di tingkat provinsi, Kalau hanya juara di Jakarta Pusat cuma jago kandang namanya, tetapi ketika di Tingkat Provinsi Jakarta Pusat harus disebut," ujarnya.

"Alhamdulillah tahun lalu Jakarta Pusat disebut di tiga kategori. Saya juga menantang para pelajar di Jakarta Pusat berkompetisi di Festival Teater Pelajar," imbuhnya.

Nurdin mengungkapkan, pelatihan teater seperti ini akan terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya, dan berharap para peserta pelatihan dapat mengembangkan seni teater ini.

"Saya berharap para peserta dapat terus berkembang dan mengembangkan di wilayah masing-masing untuk dapat  memberikan pelatihan dasar seni teater. Kemudian giring para peserta pelatihan dasar ke Sudin Kebudayaan Jakarta Pusat, akan kita berikan pelatihan di sini," tandasnya.