Pemkot Akan Laksanakan Gerebek Lumpur di Kali Cideng

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting. Foto: Andreas Pamakayo

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan koordinasi persiapan pelaksanan gerebek lumpur di Kali Cideng.

Koordinasi persiapan gerebek lumpur ini dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, di Ruang Rapat I Sekko, Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (22/9).

Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, tujuan adanya gerebek lumpur ini untuk membersihkan kali-kali agar lancar dan terbebas dari endapan lumpur.

"Pelaksanaan gerebek lumpur sudah secara rutin dilakukan di tiap wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat," katanya.

"Kita akan lancarkan Kali Cideng dengan melakukan pengerukan lumpur seperti yang sudah kita lakukan di Kali Krukut. Nanti kita akan lakukan mulai dari pintu Rumah Sehat Tarakan sampai dengan pintu Kali Cideng," jelasnya.

Menurutnya, gerebek lumpur di Kali Cideng akan dilaksanakan pada 26 September 2022 mulai pukul 07.00 pagi.

"Kegiatan gerebek lumpur ini mengerahkan sekitar 450 personel dari pasukan pelangi baik kelurahan, kecamatan, dan masyarakat sekitar," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, juga menurunkan alat berat seperti truk 30 unit, excavator longam 1 unit, truk Sudin Bina Marga 2 unit, Pertanaman 2 unit, Pemadam 1 unit, dan alat lain dari masing-masing UKPD terkait.

Koordinasi persiapan ini juga dihadiri, Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus, Camat Gambir Andri Ferdian, berserta jajaran terkait.