Penataan Jalan Kali Baru Barat Ditargetkan Rampung Desember

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan di Jalan Kali Baru Barat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Lurah Kebon Kosong Alfalast Dewanto menargetkan penataan kawasan di Jalan Kali Baru Barat akan segera rampung pada minggu kedua Desember mendatang.

Hal ini diungkapkannya usai melakukan peninjauan di lokasi Penataan Jalan Kali Baru barat RW 01, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (21/11).

Alfalast menerangkan, Jalan Kali Baru Barat RW 01 ini merupakan kawasan penataan di Kelurahan Kebon Kosong. Fokus penataan akan dilakukan dengan mengubah taman sepadan jalan yang sebelumnya tak terawat, hingga dijadikan lokasi berdagang PKL akan dibenahi dengan pembenahan trotoar dan taman.

“Jadi trotoarnya kita bikin zig-zag kita benahi trotoarnya, kita jadikan taman juga untuk ruang interaksi warga,” ungkapnya.

Alfalast menerangkan, pembenahan Jalan Kali Baru Barat ini sudah dilakukan sejak akhir Oktober lalu dengan kolaborasi bersama UKPD terkait. Seperti Sudin Bina Marga untuk pembenahan trotoar dan turap, Sudin Taman dan Hutan Kota untuk penopingan pohon, serta Dinas KPKP untuk bibit tanaman toga dan tanaman produktif.

“Saat ini sudah 65 persen rampung, untuk trotoarnya hampir 100 persen. Target minggu kedua Desember sudah rampung semuanya,” katanya.

Dia juga mengharapkan dengan adanya penataan wilayah ini warga Kelurahan Kebon Kosong dan juga anak bisa bermain dan berinteraksi serta belajar. Sebab, di lokasi akan ditanami tanaman toga. Sehingga, warga bisa belajar mengenai tanaman toga baik pemanfaatan maupun budidaya toga.