Petugas Gabungan Kelurahan Kebon Kelapa Mulai Tata Kawasan Unggulan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas menata kawasan unggulan. Foto: Dwi Arif

Puluhan petugas gabungan melakukan penertiban bangunan semi permanen di sepanjang Jalan Pintu Air II, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (11/11).

Lurah Kebon Kelapa Nurbin Tumbur Togar mengatakan, Jalan Pintu Air II  sepanjang 180 meter akan ditata menjadi kawasan unggulan di Kelurahan Kebon Kelapa.

"Hari ini, kami memulai penataan kawasan unggulan yang diawali penertiban bangunan semi permanen,  gerobak dan puluhan lapak pedagang oleh puluhan petugas gabungan di sepanjang Jalan Pintu Air II," ujarnya di lokasi.

Togar memaparkan, penataan yang akan dilakukan di sepanjang Jalan Pintu Air II meliputi pengurasan saluran air, perbaikan trotoar dan taman, serta lahan tempat usaha bagi 40 pedagang kali lima.

"Jadi, saluran, trotoar, dan taman  dibenahi dahulu sebelum penataan puluhan lapak usaha di sepanjang Jalan Pintu Air II," paparnya.

"Kami akan melakukan pembinaan kepada 40 pedagang sebelum diizinkan kembali berjualan di sepanjang Jalan Pintu Air II ini dan meminta mereka rutin melakukan kerja bakti satu hingga dua kali dalam sebulan, sehingga kawasan sepanjang Jalan Pintu Air II tertata rapih dan bersih," imbuhnya.

Togar berharap penataan lapak kawasan di sepanjang Jalan Pintu Air II mampu meningkatkan perekonomian pedagang kaki lima.

"Setelah penataan pedagang harus berjualan dengan tertib dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga tidak terlihat kumuh lagi," jelasnya.

Penataan ini melibatkan 50 personel gabungan yang terdiri dari PPSU, Gulkarmat, Satpol PP, Sudin Lingkungan Hidup, Polri, dan TNI dikerahkan.