Plt Wakil Wali Kota Tutup Rangkaian Aksi Agustus di Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menutup rangkaian acara Aksi Agustus Kita Satukan Indonesia di Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Foto: Angga Rizkyanda

Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menutup rangkaian acara "Aksi Agustus Kita Satukan Indonesia" dalam rangka pameran Sakura di Khatulistiwa.

Penutupan rangkaian aksi Agustus berlangsung di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol No. 1, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/9).

"Rangkaian aksi ini telah berlangsung sepanjang bulan Agustus sampai September 2022 yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pengurus Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Dan pada hari ini akhir dari rangkaian aksi tersebut," katanya.

Iqbal mengatakan, adanya kegiatan ini juga dapat meningkatkan tali silaturahmi, serta dapat menambah rasa jiwa kebangsaan bagi seluruh hadiri dan peserta yang telah hadir.

"Aksi Aksi Agustus Kita Satukan Indonesia dalam rangka pameran Sakura di Khatulistiwa ini juga dapat menambah pengetahuan, kemapuan, keahlian dalam berbagai hal seperti pameran fotografi yang dipamerkan," ungkapnya.

"Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut apalagi peserta yang mengikuti dari para pelajar," imbuh Iqbal.

Sementara itu, Kepala Museum Perumusan Naskah Proklamasi Harry Trisatya Wahyu menambahkan, dalam mengangkat pameran Sakura di Khatulistiwa karena hubungan diplomasi antara Indonesia-Jepang perlu ditingkatkan.

"Sakura melambangkan Jepang dan Khatulistiwa melambangkan Indonesia dengan ini kita meningkatkan hubungan diplomasi terkait dengan perayaan 17 Agustus kemarin," katanya.

Lebih lanjut Herry menjelaskan, sejak Agustus telah merangkai berbagai kegiatan Aksi Agustus Kita Satukan Indonesia, tapak tilas, diskusi, ayo mendongeng, lomba mewarnai, lomba fotografi, dan gerakan donor darah.

"Di masa pandemi pada dua tahun lalu memang kegiatan tiarap, untuk itu dengan berbagai stakeholder untuk membantu menyebarluaskan Museum Naskah Proklamasi terkait nilai yang bisa diedukasikan kepada masyarakat," jelasnya.

Herry juga berharap dengan adanya berbagai kegiatan ini masyarakat khususnya sekitar wilayah Menteng, lebih mengenal sejarah.

"Wilayah Menteng masih banyak orang yang belum tahu Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Dengan kegiatan ini kita ingin sebarluaskan museum ini sebagai museum sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia karena memang di situlah cikal bakal bangsa Indonesia lahir," terangnya.

Untuk diketahui, penutup rangkaian Aksi Agustus Kita Satukan Indonesia juga dimeriahkan dengan penampilan band dari Institut Musik Jalanan, dan bazar Jakpreneur binaan Sudin PPKUKM.