Revitalisasi Gereja Immanuel Usai, TP3W Jakpus Tinjau Lokasi

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

TP3W melakukan peninjauan fisik revitalisasi Gereja Immanuel. Foto: Andreas Pamakayo

Tim Pengendali dan Pengawasan Pembangunan Wilayah (TP3W) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan peninjauan fisik setelah usai pengerjaan revitalisasi Gereja Immanuel yang merupakan cagar budaya, ikonik, dan merupakan tempat peribadatan bagi umat Kristen.

"Revitalisasi ini bersumber dari dan konversi izin pelaksanaan pemanfaatan ruang dalam hal ini oleh tiga PT. Yaitu, PT Intirub, PT Palmerindo Properti, dan Trimitra Kencana Lestari," kata Sub Koordinator Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Pusat Candra H Nababan, usai meninjau lokasi gereja, di Jalan Medan Merdeka Timur, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (21/7).

Menurutnya, pekerjaan utama yang dikerjakan ialah revitalisasi bangunan utama, landscape, pagar keliling, dan pedestrian. Pekerjaan elektrikal, hydrant, mekanikal, dan lain-lain.

"Setelah pengerjaan selesai tadi saya lihat semua jadi terasa lebih tertata, rapih, dilengkapi dengan fasilitas yang cukup modern seperti, ada lift bagi lansia dan difabel," ungkapkan.

"Lalu revitalisasi five organ pipa dengan mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri untuk memperbaiki atau memberikannya," imbuh Candra.

Revitalisasi ini, lanjutnya, sebagai bentuk kolaborasi yang diamanatkan Gubernur DKI Jakarta dengan melibatkan swasta melakukan penataan.